Kamis, 12 Oktober 2023

GELAR PELAYANAN KESEHATAN, KALAPAS KALABAHI MINTA WARGA BINAAN SAMPAIKAN KELUHAN KESEHATAN SECARA JELAS

 

Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai wujud kepedulian terhadap kesehatan warga binaan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar kegiatan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis, bertempat di halaman Gereja Zoar Lapas Kalabahi, Kamis (12/10).

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar kerja sama dengan Puskesmas Mebung Kabupaten Alor, yang memiliki wilayah kerja di Lapas Kalabahi. Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

 

Dalam pelaksanaannya, para warga binaan melewati beberapa tahap pelayanan kesehatan, mulai dari pemeriksaan berat badan, pengukuran tekanan darah, interview dan pemeriksaan dokter, serta pembagian obat-obatan.

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, beserta seluruh pegawai yang juga mendapatkan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan.

 

Dalam sambutannya, Kalapas Yusup menyampaikan terima kasih kepada pihak Puskesmas Mebung karena selalu siap setiap bulan mendukung Lapas Kalabahi dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan dan pengobatan terhadap warga binaan termasuk pegawai yang mengalami masalah kesehatan.

 


"Support yang diberikan Puskesmas Mebung kepada kami Lapas Kalabahi sungguh sangat luar biasa. Pelayanan kesehatan sudah berjalan dengan baik dan pemantauan terhadap kondisi kesehatan warga binaan sudah maksimal. Mudah-mudahan kerja sama yang sudah terjalin antara Lapas Kalabahi dengan Puskesmas Mebung dapat terjaga dengan baik dan berkelanjutan," ungkap Yusup.

 

Yusup juga minta agar seluruh warga binaan dapat menyampaikan seluruh keluhan kesehatan yang dialami secara jelas serta tidak menutupinya agar dapat dilakukan tindakan penanganan yang tepat oleh dokter dan para tenaga kesehatan lainnya yang hadir saat itu.

 

Sementara itu, usai pelayanan kesehatan, dokter Melisa selaku dokter penanggungjawab kegiatan, menyampaikan bahwa ia bersama seluruh tenaga kesehatan yang ada akan selalu mendukung program Lapas Kalabahi dalam meningkatkan kualitas kesehatan warga binaan melalui kegiatan pemeriksaan dan pengobatan setiap bulan.

 

Ia juga menekankan bahwa kesehatan warga binaan sangat penting untuk menjadi prioritas karena menurutnya, warga binaan berada di lingkungan yang berisiko tertular penyakit karena kondisinya tertutup dan padat penghuni.

 

"Lingkungan yang tertutup dan padat penghuni akan mempercepat penularan penyakit. Jadi, harus segera dilakukan tindakan-tindakan penanganan yang cepat melalui pemeriksaan dan pengobatan penyakit yang dibarengi dengan kegiatan promotif dan preventif untuk membatasi penularan penyakit," ujar dokter Melisa.

 

Dokter Melisa juga menerangkan bahwa penyakit yang paling banyak dialami warga binaan Lapas Kalabahi saat diperiksa adalah penyakit gatal-gatal, demam, dan batuk pilek.

 

Menurutnya, penyakit tersebut merupakan penyakit yang biasa ditemukan di dalam lingkungan yang tertutup dan padat penghuni. Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa musim pancaroba saat ini juga sangat memicu warga binaan mengalami demam dan batuk pilek.

 

"Kami sudah berikan obat-obat yang tepat untuk dikonsumsi para warga binaan. Harapan kami agar obat-obat tersebut dapat dikonsumsi sampai tuntas. Selain itu, perlu juga untuk para warga binaan menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk menghindari gatal-gatal, dengan mandi 2 kali sehari, tidak menggunakan pakaian atau handuk serta sabun mandi secara bergantian, dan sering mencuci pakaian dengan deterjen serta dikeringkan secara maksimal," jelasnya.


Di sisi lain, salah seorang warga binaan yang tidak mau disebutkan namanya, menyampaikan bahwa pelayanan kesehatan yang diselenggarakan Lapas Kalabahi dan Puskesmas Mebung sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan mereka.

 

"Kegiatan pemeriksaan dan pengobatan yang dilaksanakan Lapas Kalabahi dan Puskesmas Mebung sangat bermanfaat bagi peningkatan kualitas kesehatan kami. Kami dapat lebih mudah mengakses pelayanan kesehatan karena langsung dilaksanakan di dalam Lapas. Terimakasih Bapak Kalapas dan jajaran serta Kepala Puskesmas Mebung dan seluruh para medis karena sudah peduli dengan kesehatan kami," pungkasnya. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar