Rabu, 07 Juni 2023

LUAR BIASA! WARGA BINAAN LAPAS KALABAHI MENINGKATKAN KEMAMPUAN KEPRAMUKAAN SECARA SIGNIFIKAN


Kalabahi_(07/06/23) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan terus melaksanakan pembinaan bagi warga binaan, dengan fokus pada pelatihan kepramukaan di Gugus Depan (Gudep) 01.147-01.148 Lapas Kalabahi. Kegiatan ini diikuti dengan antusias yang luar biasa oleh warga binaan untuk meningkatkan kemampuan kepramukaan mereka secara signifikan. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur, Marciana D. Jone, memberikan perhatiannya terhadap kegiatan ini.

Pelatihan kepramukaan ini dipimpin oleh anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Alor, Kak Ardiyansyah Mahmud dan Kak Sarbini Musa Djuma, dengan dukungan pengurus dan pembina Gudep Lapas Kalabahi. Latihan yang dilaksanakan meliputi Baris Berbaris, Semaphore, Peraturan Baris Berbaris (PBB) Bertongkat, dan Pionering. Pada hari ini, latihan difokuskan pada PBB bertongkat dan Pionering.

PBB bertongkat merupakan bentuk Baris Berbaris menggunakan tongkat sesuai dengan Pedoman Penggunaan Tongkat Pramuka Dalam Baris Berbaris dari Kwartir Nasional. Latihan ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap jasmani yang tegap dan tangkas, rasa disiplin, serta tanggung jawab. Sementara itu, Pionering merupakan salah satu teknik pramuka yang menggunakan peralatan tongkat dan tali untuk merangkai model objek seperti bangunan kreatif, tandu, menara kaki tiga, menara kaki empat, dan lainnya.



Seluruh warga binaan sangat senang mendapatkan kesempatan baru ini. Mereka sebelumnya hanya melihat pramuka sebagai acara seremonial, tetapi sekarang mereka menyadari manfaat yang diberikan pramuka sebagai bekal ketika mereka bebas dan untuk masa depan mereka. Mereka juga dipersiapkan untuk menjadi Pelatih Pramuka di daerah tempat tinggal mereka.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan kekagumannya terhadap semangat pembinaan yang dilakukan oleh anggota Saka Bhayangkara Polres Alor dan Pengurus Gudep Lapas Kalabahi.

"Saya sangat mengapresiasi semangat para Kakak Pembina dari Saka Bhayangkara Polres Alor dan Para Pengurus Gudep Lapas Kalabahi yang terus melaksanakan pembinaan pramuka kepada warga binaan. Pelatihan ini akan menjadi bekal bagi mereka setelah bebas, sehingga ilmu yang mereka dapatkan dapat diterapkan di lingkungan tempat tinggal mereka," ungkap Yusup.


Pada akhir kegiatan, seluruh warga binaan yang merupakan anggota Gudep Lapas Kalabahi berpartisipasi dengan semangat dan gembira melakukan perlombaan membuat ikatan kaki tiga bersama kakak pembina. (Humas_MH)

 

0 komentar:

Posting Komentar