Sabtu, 24 Juni 2023

WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA, LAPAS KALABAHI GELAR PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN BAGI WARGA BINAAN


Kalabahi_Sabtu (24/06/23) Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar pemeriksaan kesehatan dan pengobatan bagi warga binaan. Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kerjasama dengan Puskesmas Mebung sebagai penyedia jasa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan betapa pentingnya kesehatan bagi warga binaan. Menurutnya, program pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang dilaksanakan secara rutin setiap bulan bersama Puskesmas Mebung ini, memungkinkan pemantauan kesehatan warga binaan dengan lebih efektif.

"Kami berharap dengan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan rutin yang dilakukan oleh Puskesmas Mebung, kami dapat dengan mudah memantau dan mengetahui perkembangan kesehatan warga binaan. Jika ada warga binaan yang sakit, kami dapat segera mengambil tindakan yang tepat," ujar Yusup dengan antusias.

Sementara itu, Dokter Desima, sebagai dokter penanggungjawab kegiatan, menjelaskan bahwa mayoritas warga binaan mengalami penyakit umum yang biasa terjadi seperti sakit maag, demam, batuk, pilek, dan masalah gatal-gatal pada kulit. Ia menganggap kondisi tersebut adalah kondisi yang sering ditemukan di lingkungan dengan jumlah penghuni yang banyak seperti Lapas.



"Dalam kondisi dengan lingkungan yang padat seperti yang ada di Lapas, hal tersebut merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi wajib untuk melakukan tindakan pencegahan agar tidak menjadi kondisi yang lebih buruk dikemudian hari. Kami telah memberikan saran agar mereka istirahat lebih banyak, menghentikan kebiasaan merokok, serta mengurangi konsumsi makanan berminyak, gorengan, dan makanan pedas. Dengan pola hidup yang sehat dan rutin konsumsi obat yang kami berikan, diharapkan mereka dapat pulih dengan cepat," ungkap dokter Desima.

Diakhir penyampaianya, dokter Desima mengharapkan agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat terus mengedukasi warga binaan tentang pentingnya menjalani pola hidup sehat di lingkungan Lapas. Ia juga mendorong warga binaan untuk menjaga kebersihan diri dan kamar, guna mencegah masalah kulit seperti gatal-gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Kolaborasi antara Lapas Kelas IIB Kalabahi dan Puskesmas Mebung dalam program pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi warga binaan merupakan langkah nyata dalam mewujudkan pelayanan prima yang mengutamakan kesejahteraan kesehatan bagi para warga binaan.

Program pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini juga mendapatkan respon positif dari warga binaan. Mereka merasa hak asasi mereka sangat terpenuhi. Salah satu warga binaan yang berinisial, S, mengungkapkan rasa terima kasih atas adanya program ini.

"Saya sangat berterima kasih kepada Lapas Kalabahi dan Puskesmas Mebung atas dilaksanakannya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ini. Ini merupakan langkah yang sangat baik untuk memastikan kesehatan kami tetap terjaga dengan baik," tutup S. (Humas_AF)
 

0 komentar:

Posting Komentar