Jumat, 13 Januari 2023

CIPTAKAN AGROWISATA, PEGAWAI LAPAS KALABAHI DAN WARGA BINAAN KERJA BAKTI BANGUN FASILITAS JALAN KEBUN KADELANG




Kalabahi_Jumat (13/01/23) Dalam rangka menciptakan Agrowisata, seluruh pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi dan warga binaan melaksanakan kerja bakti membangun fasilitas jalan akses masuk Kebun Kadelang.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan sebelum melaksanakan kerja bakti.

Yusup menyampaikan bahwa agar pengunjung dapat akses dan mengitari sambil menikmati tanaman di Kebun Kadelang yang nantinya akan menjadi Agrowisata, harus didukung dengan sarana prasarana yang memadai selayaknya tempat wisata. Salah satunya seperti pembangunan jalan yang disusun secara rapi dan penuh estetika dengan bebatuan.

"Ini adalah awal kami pegawai Lapas Kalabahi dan warga binaan bersama-sama bekerja bakti membangun Kebun Kadelang menjadi Agrowisata Lapas Kalabahi. Kami mengawalinya dengan pembangunan jalan dan selanjutnya kami akan bersama-sama membangun Gazebo, menanam tanaman holtikultura, membangun kolam ikan dan pembuatan cafe. Saya berharap melalui kegiatan ini dapat membangun kekompakan dan solidaritas antar pegawai dan pegawai maupun antar pegawai dan warga binaan," ujar Yusup.

Tidak hanya itu, Yusup juga berharap melalui kegiatan kerja bakti ini dapat menjadi momen yang menumbuhkan rasa memiliki pegawai Lapas Kalabahi dan warga binaan terhadap Kebun Kadelang.




Lebih lanjut, Yusup menjelaskan bahwa pembangunan Kebun Kadelang menjadi Agrowisata akan membawa dampak positif secara khusus bagi Lapas Kelas IIB Kalabahi maupun secara umum bagi Kabupaten Alor.

Menurutnya, ketika Kebun Kadelang menjadi Agrowisata, maka dengan sendirinya dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Lapas Kelas IIB Kalabahi dan meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kabupaten Alor juga meningkatkan kepuasan masyarakat Kabupaten Alor bahkan para wisatawan yang ingin berwisata di Alor.

"Alor terkenal dengan keindahan pantai, alam laut seperti terumbu karang dan ikan dugong, air terjun, dan pegunungannya yang sungguh luar biasa. Masyarakat Kabupaten Alor maupun para wisatawan senang berkunjungan ke tempat-tempat itu. Namun, disamping itu, kami mencoba untuk menarik perhatian masyarakat Kabupaten Alor bahkan para wisatawan untuk tidak hanya menikmati keindangan-keindahan tersebut, tetapi juga menikmati keindahan sektor pertanian, yakni Agrowisata Lapas Kalabahi yang berada di Kadelang Pusat Kota Kabupaten Alor. Dengan begitu, maka lengkaplah keindahan Pulau Alor ini," tandasnya.

Yusup menjelaskan bahwa ketika masyarakat Kabupaten Alor maupun para wisatawan berwisata di sektor pertanian Lapas Kelas IIB Kalabahi, dapat menambah pengetahuan, pemahaman, dan pengalaman di bidang pelestarian lingkungan, khususnya di bidang pertanian.

Diakhir penyampaiannya, Yusup mengatakan bahwa kegiatan pembangunan Kebun Kadelang menjadi Agrowisata mendapat dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Nusa Tenggara Timur, Marciana D. Jone.






 

0 komentar:

Posting Komentar