Selasa, 24 Januari 2023

LAPAS KALABAHI GELAR OLAHRAGA SENAM AEROBIK BAGI WARGA BINAAN

 



Kalabahi_Selasa (24/01/23) Dalam rangka menjamin kesehatan warga binaan tetap terjaga dan stabil, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi dibawah kepemimpinan Yusup Gunawan dan atas arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone menggelar olahraga senam aerobik bagi warga binaan.

Senam aerobik atau aerobik adalah senam dengan rangkaian gerakan yang terpola maupun tidak terpola disertai dengan irama musik yang memiliki ketentuan ritmis, kesinambungan, dan durasi tertentu. Gerakan senam aerobik memerlukan penggunaan oksigen yang tepat dan dilakukan secara cepat. Pemenuhan kebutuhan oksigen di dalam senam aeorbik dilakukan dengan kecepatan dalam menempuh waktu.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan saat ditemui diruangannya mengatakan bahwa senam aerobik menjadi salah satu senam yang bagus bagi warga binaan karena menurutnya senam aerobik mempunyai berbagai macam manfaat diantaranya, yakni menjaga kesehatan jantung, meningkatkan stamina, mampu memperbaiki suasana hati, menurunkan berat badan, mampu menurunkan kadar kolesterol jahat, mencegah berbagai macam penyakit, meningkatkan kemampuan kognitif, menjaga kesehatan otot, mengurangi risiko diabetes, meningkatkan metabolisme pada tubuh, memperkuat sistem kekebalan tubuh, manjaga kesehatan tulang dan sendi, mencegah demensia, menjaga tekanan darah dalam tubuh, mampu mengoptimalkan sistem kerja otak, membantu menjaga berat badan ideal, membuat tidur lebih nyenyak, dan mengurasi risiko gangguan stres.

"Senam aerobik bagi warga binaan tidak hanya dilaksanakan pada hari ini saja, tetapi seterusnya secara rutin dilaksanakan sekali seminggu. Untuk melaksanakan senam ini, kami datangkan instruktur dari luar Lapas yang mempunyai kemampuan dan keahlian di bidang senam," tutur Yusup.

Lebih lanjut, Yusup menyampaikan bahwa kegiatan senam yang diadakannya bagi warga binaan tidak hanya menjamin kesehatan warga binaan, tetapi juga membuat warga binaan tidak jenuh, bosan dan akhirnya bermalas-malasan di dalam Lapas karena menurutnya dengan adanya kegiatan olahraga senam bagi warga binaan dapat memacu warga binaan untuk kembali semangat, merasa senang, bergembira, tidak jenuh serta hidup lebih kreatif dan produktif.



"Warga binaan harus dibentuk menjadi manusia yang krearif dan produktif dari dalam Lapas. Untuk menjadi manusia yang kreatif dan produktif, tidak hanya mengikuti pembinaan kemandirian yang ada di Lapas saja, tetapi melalui senam aerobik juga bisa membantu mereka menjadi kreatif dan produktif karena senam aerobik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan mengoptimalkan sistem kerja otak. Kalau semuanya mereka dapat di Lapas, maka saya jamin ketika mereka keluar, mereka dapat menjadi manusia yang kreatif dan produktif di tengah keluarga, masyarakat, dan pemerintah," jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Yusup berharap seluruh warga binaan dapat mengikuti senam aerobik setiap minggu dengan baik, sehingga manfaat dari senam aerobik dapat warga binaan peroleh.



0 komentar:

Posting Komentar