Kamis, 05 Januari 2023

KALAPAS KALABAHI DAN JAJARAN PEJABAT IKUTI SECARA VIRTUAL PAPARAN TARGET KINERJA 2023 OLEH KAKANWIL KEMENKUMHAM NTT



Kalabahi_Kamis (05/01/23) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur melaksanakan kegiatan Pemaparan Target Kinerja 2023 serta Capaian dan Evaluasi Kinerja Tahun 2022 untuk mendukung langkah awal pelaksanaan resolusi Kemenkumham 2023, yakni mewujudkan Kementerian Hukum dan HAM semakin PASTI dan BERAKHLAK dengan cara bekerja cepat, tepat, ikhlas dan hasilnya akuntabel.

Pemaparan disampaikan oleh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maliki, Para Pejabat Kanwil dan Para Kepala Unit Pelaksana Teknis seKota Kupang.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan dan jajaran pejabat mengikuti kegiatan tersebut secara virtual.

Dalam paparannya, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone terlebih dahulu menyampaikan Selamat Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023 bagi seluruh jajaran Kemenkumham di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT serta mengucapkan terima kasih atas kinerja seluruh jajaran Kanwil, UPT Pemasyarakatan dan UPT Imigrasi yang telah memberikan kontribusi dalam mengukir prestasi selama tahun 2022.

Marciana menuturkan bahwa pada Tahun 2022, Kanwil Kemenkumham NTT menyerap anggaran sebesar 98,35 persen dilanjutkan nilai IKPA Triwulan IV mendapatkan persentase 97,81 persen serta 91,73 persen untuk nilai Produk Dalam Negeri per tanggal 31 Desember 2022.

Marciana menjelaskan bahwa Pemenuhan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan bagi 3155 orang pada hari besar tahun 2022 juga menjadi perhatian Kanwil Kemenkumham NTT sesuai Pasal 14 UU Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan.




Tidak hanya itu, Kakanwil Kemenkumham NTT menginformasikan bahwa pemberian layanan di Kanwil Kemenkumham NTT, yakni Keimigrasian, Kekayaan Intelektual (KI), Administrasi Umum (AHU), dan Bantuan Hukum juga terlaksana dengan baik dan maksimal kepada masyarakat NTT.

Lebih lanjut, Marciana menyampaikan dalam paparannya terkait apresiasi dan prestasi yang telah diperoleh Kanwil NTT dari Kementerian Hukum dan HAM selama tahun 2022, yakni penghargaan Penanganan Dugaan Pelanggaran HAM dari Ditjen HAM, Penghargaan Moderator Obrolan Peneliti (OPini) Terbaik Pertama serta penghargaan dari DJKI atas keberhasilan menyukseskan program unggulan DJKI, yakni Mobile IP Clinic, DJKI Mengajar dan Sertifikasi Pusat Perbelanjaan berbasis Kekayaan Intelektual.

"Pencapaian ini berkat kerjasama dukungan Pemda Provinsi NTT, Pemerintah Daerah Kab/Kota, media massa serta Pihak Perbankan, khususnya Bank NTT dan BRI," tuturnya.

Marciana juga menambahkan bahwa pencapaian prestasi didapatkan juga dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi NTT, KOMINFO Provinsi NTT, serta Pimpinan DPRD Kabupaten TTS dan Bupati Manggarai Barat.

Menurutnya, Pemerintah Kota Kupang juga menambah jumlah prestasi Kanwil Kemenkumham NTT terkait dukungan dan kerjasama yang telah memfasilitasi Pembentukan dan Pengukuhan Kelurahan Binaan Sadar Hukum, sehingga telah dikukuhkannya 42 Kelurahan Binaan Sadar Hukum.

Selanjutnya, Marciana membahas terkait target kinerja tahun 2023 sebanyak 39 tarja yang terdiri dari 10 tarja Divisi Administrasi, 17 tarja Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, 9 tarja Divisi Pemasyarakatan serta 3 tarja Divisi Keimigrasian.

"39 Target Kinerja ini tentunya membutuhkan dukungan Pemerintah Daerah, masyarakat, perguruan tinggi, civil society dan rekan media massa," jelas Marciana.

Dalam kesempatan ini, Marciana menyampaikan arahan Menkumham terkait ditetapkannya Resolusi Kemenkumham yang diharapkan dapat mendukung Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2023, yakni “Wujudkan Kementerian Hukum dan HAM Semakin PASTI dan BerAKHLAK dengan Bekerja secara Cepat, Tepat, Ikhlas, dan Hasilnya Akuntabel agar dapat Mendukung Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan".

Diakhir penyampaiannya, Marciana berharap kedepannya dapat terjadi peningkatan kinerja di tahun 2023 dengan melaksanakan Disbursement Plan Tahun 2023, melakukan perencanaan kerja yang baik serta menjalin kolaborasi dan sinergitas yang kuat untuk mendapatkan hasil maksimal dan terbaik.









 

0 komentar:

Posting Komentar