Sabtu, 28 Januari 2023

PERDANA IKUTI LATIHAN PRAMUKA, WARGA BINAAN LAPAS KALABAHI TERLIHAT ANTUSIAS, SENANG, DAN PENUH SEMANGAT



Kalabahi_Sabtu (28/01/23) Sebanyak 20 orang Warga binaan yang merupakan Anggota Pramuka Gugus Depan (Gudep) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi mengikuti latihan pramuka perdana.

Pembina Pramuka pada kegiatan ini, yakni Mauludin Hamzah yang merupakan Pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi juga selaku Ketua Dewan Kerja Cabang Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Alor dan dibantu oleh 4 orang Anggota Pramuka Saka Bhayangkara Polres Alor selaku Pembantu Pembina.

Kegiatan diawali dengan Apel Pembukaan dan dilanjutkan beberapa rangkaian kegiatan, yakni Pembacaan Trisatya dan Dasa Darma Pramuka, Latihan Peraturan Baris Berbaris (PBB), Latihan Lagu Hymne Pramuka, pengenalan Materi tentang "Pengertian Pramuka dan Makna Lambang Tunas Kelapa", permainan Game Konsentrasi yang terdiri dari Game Tepuk Paha dan Game Benar Salah, serta diakhiri dengan Apel Penutupan dan doa.

Pembina Pramuka, Mauludin Hamzah saat memberikan materi ia mengingatkan kepada 20 orang warga binaan yang merupakan anggota Pramuka Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi agar dapat mengikuti latihan Pramuka dengan sungguh-sungguh karena menurutnya 20 orang warga binaan tersebut adalah orang-orang terpilih dari sekian ratus warga binaan yang berada di Lapas Kelas IIB Kalabahi untuk dibina di Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi.



"Selain saya sebagai pembina, ada juga Kakak-Kakak dari Saka Bhayangkara Polres Alor yang siap sedia membantu melaksanaan pembinaan bagi saudara-saudara. Saudara-saudara di sini akan mendapatkan pembinaan karakter dan semua teknik kepramukaan, sehingga setelah saudara-saudara bebas, minimal ketika ada sekolah di kampung saudara-saudara yang tidak mempunyai Gudep, saudara-saudara dapat membantu membentuk Gudep dan menciptakan generasi-generasi penerus bangsa," jelas Mauludin.

Sementara itu, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan saat memantau pelaksanaan latihan Pramuka mengatakan bahwa pada awal latihan Pramuka hari ini, 20 orang warga binaan terlihat sangat antusias, senang, dan penuh semangat.

"Kalau waktu lalu selagi mereka masih di luar Lapas, mereka hanya dapat melihat orang-orang mengikuti latihan Pramuka dan mereka menganggap bahwa kegiatan Pramuka tidak penting, namun hari ini mereka menyadari bahwa kegiatan Pramuka sangat penting bagi kepribadian mereka," ujar Yusup.

Yusup juga menyampaikan bahwa ketika warga binaan menyanyikan lagu Hymne Pramuka, suasananya jadi benar-benar berubah. Menurut Yusup, warga binaan kelihatan sangat menghayati lagu yang pertama kali diKumandangkan Tahun 1964 itu. Katanya warga binaan benar-benar memaknai makna lagunya. Mereka tahu bahwa setiap anggota pramuka memegang teguh janji (satya) dan melaksanakan kewajiban (dharma) sebagai wujud bakti pada negara.

Diakhir penyampaiannya, Yusup menjelaskan bahwa Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana D. Jone sangat meresponi dan mendukung kegiatan Pramuka bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi.


 

0 komentar:

Posting Komentar