Selasa, 24 Januari 2023

KOMIT RAIH WBK TAHUN 2023, KALAPAS KALABAHI BERSAMA JAJARAN TANDATANGANI DOKUMEN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MENUJU WBK DAN WBBM





Kalabahi_Selasa (24/01/23) Sebagai wujud komitmen bersama untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja dalam meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2023, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan bersama seluruh jajaran menandatangani beberapa dokumen Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2023 diantaranya, yakni Piagam Pencanangan, Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM pada Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi Tahun 2023.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada saat apel pagi yang dipimpinan langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan selaku Pembina Apel dan diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan staf.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan diawali dengan penandatanganan Dokumen Piagam Pencanangan dan Pakta Integritas oleh Kalapas Kalabahi dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Dokumen Komitmen Bersama oleh seluruh pejabat struktural, staf dan diakhiri oleh Kalapas Kalabahi.

Dalam sambutannya, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai wujud nyata komitmen bersama untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja ASN dilingkup Lapas Kelas IIB Kalabahi sebagai dasar untuk meraih predikat WBK Tahun 2023.




“Tujuan lainnya, yakni melaksanakan reformasi birokrasi dengan menjalankan manajemen pemerintah mulai dari perencanaan, pengawasan, evaluasi, koordinasi, sinkronisasi, preventif, antisipatif, simpatik, resolusi serta menjalankan pengelolaan manajemen yang optimal sebagai upaya membangun SDM yang unggul, berdaya saing dan kompeten,” ujar Yusup.

Lanjutnya, dari kegiatan ini juga diharapkan dapat mewujudkan program pelaporan yang berintegrasi, akuntabel dan tepat waktu.

"Hari ini kita sudah tandatangani Dokumen Piagam Pencanangan, Pakta Integritas dan Komitmen Bersama Pembangunan Zona Integritas Tahun 2023. Itu artinya bahwa kita telah berjanji dan menunjukkan komitmen kita kepada negara untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM dengan : 1) Berperan secara proaktif dalam upaya pencegahan dan pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme serta tidak melibatkan diri dalam perbuatan tercela; 2) Tidak meminta atau menerima pemberian secara langsung atau tidak langsung berupa suap, hadiah, bantuan, atau bentuk lainnya yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku; 3) Bersikap transparan, jujur, obyektif, dan akuntabel dalam melaksanakan tugas; 4) Menghindari pertentangan kepentingan dalam pelaksanaan tugas; 5) Memberi contoh dalam kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dalam melaksanakan tugas, terutama kepada pegawai yang berada dibawah pengawasan dan sesama pegawai secara konsisten; dan 6) Menyampaikan informasi penyimpangan integritas serta menjaga kerahasiaan saksi atas pelanggaran peraturan yang dilaporkannya," jelas Yusup.

Tidak hanya itu, yusup juga minta komitmen bersama seluruh pegawai untuk lebih lagi meningkatkan kualitas pelayanan publik bagi masyarakat.




"Kita bekerja untuk melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan publik yang berkualitas. Saya minta komitmen bersama seluruh pegawai Lapas Kalabahi agar dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas dengan menerapkan Tata Nilai PASTI, Profesional, Akuntabel, Sinergi, dan Inovatif. Semuanya itu dilakukan untuk memuaskan masyarakat dan untuk mengurangi adanya komplain dari masyarakat," tandasnya.

Diakhir penyampaiannya, Yusup mengajak seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi agar siap mendukung program kerja Kementerian Hukum dan HAM RI dibawah Kepemimpinan Menteri Yassona H. Laoly dan Kanwil Kemenkumham NTT dibawah kepemimpinan, Kakanwil Marciana D. Jone.





 

0 komentar:

Posting Komentar