Jumat, 06 Januari 2023

COFFE MORNING BERSAMA JAJARAN KAMTIB DAN KPLP, KALAPAS KALABAHI BAHAS PERMENKUMHAM NO 6 TAHUN 2013




Kalabahi_Jumat (06/01/23) Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan melaksanakan Coffe Morning bersama seluruh jajaran Seksi Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) dan Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP).

Dalam Coffe Morning, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan membahas Permenkumham Nomor 6 Tahun 2013 tentang Tata Tertib Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara sebagaimana yang diimbau Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone untuk selalu membahas dasar-dasar hukum sebagai acuan dalam melaksanakan tugas.

Yusup berharap agar jajaran Seksi Kamtib dan KPLP dapat memahami secara baik semua kewajiban dan larangan narapidana dan tahanan, sehingga dapat mengambil tindakan pemberian hukuman disiplin yang tepat sesuai dengan pelanggaran yang dibuat.

"Saya harap saudara-saudara dapat memahami setiap pasal dan ayat dalam Permenkumham No. 6 Tahun 2013, sehingga dapat mengambil tindakan yang tepat ketika ada narapidana atau tahanan yang melakukan pelanggaran tata tertib. Ketika ada narapidana atau tahanan yang melanggar tata tertib, proses pemeriksaan sampai pada penjatuhan hukuman disiplin harus sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Permenkumham No. 6 Tahun 2013 ini. Tidak boleh menyimpang dari aturan ini," tegas Yusup.



Selain itu,Yusup minta agar antara petugas dan narapidana atau tahanan tidak boleh ada benturan kepentingan, sehingga dalam melaksanakan tugas selalu berlaku adil terhadap seluruh narapidana dan tahanan.

"Kalau ada narapidana ataupun tahanan yang melanggar aturan segera ditindak dengan cara-cara persuasif namun tegas. Tidak boleh pandang buluh. Aturan yang ada berlaku untuk semua. Jangan ada benturan kepentingan antara petugas dan narapidana maupun tahanan. Kalau saya dapati itu, maka petugasnya akan saya berikan sanksi sesuai aturan yang berlaku," tuturnya.

Pada kesempatan ini, Yusup mengajak seluruh jajaran Seksi Kamtib dan KPLP untuk bersama-sama menyimak video singkat tentang Motivasi Kerja Team Work dan Belajar dari Seekor Elang.

Belajar dari video Motivasi Kerja Team Work, Yusup mengimbau agar jajaran Seksi Kamtib dan KPLP dapat membangun kekompakan dan sinergitas yang lebih lagi untuk mewujudkan tujuan bersama, yakni Lapas Kelas IIB Kalabahi yang aman dan tertib serta terhindar dari gangguan Kamtib.

Lebih lanjut, belajar dari seekor elang, Yusup minta seluruh jajaran Seksi Kamtib dan KPLP untuk secara terus menerus melakukan perubahan dengan menciptakan berbagai inovasi dalam melaksanakan tugas di bidang keamanan dan ketertiban demi eksistensi Lapas Kelas IIB Kalabahi terlebih Kementerian Hukum dan HAM yang lebih baik.


 

0 komentar:

Posting Komentar