Rabu, 02 Agustus 2023

BANGUN SINERGITAS DI BIDANG PERTANIAN DAN PERTUKANGAN KAYU, KODIM 1622/ALOR DAN LAPAS KALABAHI AKAN MELAKSANAKAN PENANDATANGANAN MOU


Kalabahi_Rabu (02/08/23) Dalam upaya meningkatkan kerjasama dan sinergi antara Instansi Militer dan Lembaga Pemasyarakatan, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, menerima kunjungan dari Perwira Seksi (Pasi) Logistik (Log) Komando Distrik Militer (Kodim) 1622/Alor, Kapten Samuel Ulle, di ruangannya.

Kapten Samuel Ulle tiba di Lapas Kelas IIB Kalabahi dengan penuh kehangatan dan diterima langsung oleh Kalapas Kalabahi, yang dengan ramah menyambut kedatangannya. Dalam pertemuan yang berlangsung secara akrab, Kapten Samuel Ulle menyampaikan niat baik dari Kodim 1622/Alor untuk membangun kerjasama dengan Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Salah satu inisiatif kerjasama yang diusulkan adalah penjajakan pembukaan lahan pertanian milik Kodim 1622/Alor yang terletak di daerah Mola, Kabupaten Alor, tepatnya di depan Lapas Kelas IIB Kalabahi. Langkah ini diharapkan dapat memperkuat sektor pertanian di wilayah tersebut dan memberikan manfaat bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi yang sudah melaksanakan asimilasi kerja di luar tembok Lapas karena merekalah yang akan diikutsertakan dalam proses penjajakan tersebut.

Tidak hanya itu, Kapten Samuel Ulle juga menyampaikan keinginan Kodim 1622/Alor untuk bekerjasama dengan Lapas Kelas IIB Kalabahi di Bidang Pertukangan Kayu. Dalam usulan ini, warga binaan akan diberdayakan untuk terlibat dalam kegiatan pertukangan kayu sebagai bagian dari pembinaan kemandirian.

Kerjasama ini diharapkan dapat memberikan peluang dan pembelajaran baru bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi, sehingga mereka dapat memiliki keterampilan yang berguna untuk masa depan mereka setelah bebas dari Lembaga Pemasyarakatan.

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, merespon positif usulan kerjasama tersebut dan menyatakan setuju untuk melanjutkan langkah koordinasi lebih lanjut. Hasil dari pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kodim 1622/Alor dan Lapas Kelas IIB Kalabahi dalam waktu dekat.



Tindakan ini menandai langkah maju dalam sinergi antara TNI Angkatan Darat dan Lembaga Pemasyarakatan, yang diharapkan dapat berdampak positif bagi pembangunan di wilayah Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur. Semoga kerjasama ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi semua pihak yang terlibat dan mendorong perkembangan potensi wilayah setempat.

Selanjutnya, pada tempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, menyetujui usulan kerjasama antara Kodim 1622/Alor dengan Lapas Kelas IIB Kalabahi di Bidang Pertanian dan Pertukangan Kayu.

Beliau berharap agar melalui kerjasama antara Kodim 1622/Alor dengan Lapas Kelas IIB Kalabahi, dapat semakin memperlancar bahkan meningkatkan proses pembinaan kemandirian warga binaan yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi. (Humas_AN)
 

0 komentar:

Posting Komentar