Jumat, 25 Agustus 2023

MONEV KE LAPAS KALABAHI, KABID HAM KANWIL KEMENKUMHAM NTT APRESIASI HASIL SURVEI IPK-IKM TRIWULAN III


Kalabahi_Kamis (24/08/23) Dalam rangka Monitoring dan Evaluasi (Monev) tindak lanjut hasil Survei Indeks Persepsi Anti-Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Triwulan III Tahun 2023, Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (Kabid HAM) Kanwil Kemenkumham Nusa Tenggara Timur, Mustafa Beleng didampingi Kepala Sub Bidang Pengkajian Penelitian dan Pengembangan Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kasubbid P3HAM), Novebriani S. Sarah, dan Staf Pelaksana pada Bidang HAM, Daniel P. Carlo Barbier, menyambangi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi.

Kedatangan Kabid HAM bersama tim disambut hangat oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan di ruangannya. Hal tersebut mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.

Selanjutnya, Kabid HAM bersama tim didampingi Kalapas Kalabahi, melakukan peninjauan terhadap seluruh fasilitas dan ruangan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi. Dalam pelaksanaannya turut didampingi pula oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubbag TU), Putu Perdana, Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Kasi Adm Kamtib), Yesriel K. I. Bana, dan Staf Pelaksana.

Fasilitas dan ruangan yang ditinjau, yakni ruangan kunjungan, Warung Telekomunikasi Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas), klinik kesehatan, rumah ibadah berupa gereja dan masjid, serta ruangan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang menyediakan fasilitas ruangan tunggu pengunjung, loket pendaftaran kunjungan, loket layanan remisi, asimilasi, Integrasi (Pembebasan Bersyarat, Cuti Bersyarat, Cuti Mengunjungi Keluarga, dan Cuti Menjelang Bebas) dan izin luar biasa, loket layanan disabilitas, loket Pelayanan Komunikasi Masyarakat (Yankomas) dan pengaduan, loket informasi, ruangan pengaduan, ruangan laktasi, toilet umum dan disabilitas, loket penerimaan surat, serta ruangan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satopspatnalpas) dan Pos Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik).

Usai peninjauan, Kabid HAM, Mustafa Beleng dan tim langsung menuju Aula Lapas Kelas IIB Kalabahi untuk memberikan pengarahan terhadap seluruh pegawai sekaligus  melakukan Monitoring dan Evaluasi tindak lanjut hasil Survei IPK-IKM dalam Triwulan III Tahun 2023.




Selaku keynote speaker, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa ia bersama jajaran sangat mengapresiasi inisiatif Bidang HAM Kanwil Kemenkumham NTT yang secara periodik melakukan Monitoring dan Evaluasi ke Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan Kanwil Kemenkumham NTT melalui Bidang HAM, menujukkan bahwa Kanwil Kemenkumham NTT memberikan perhatian yang lebih terhadap Lapas Kelas IIB Kalabahi untuk menjadi Satuan Kerja (Satker) yang baik dan berprestasi ke depannya.

lebih lanjut, Yusup menjelaskan bahwa Lapas Kelas IIB Kalabahi sendiri telah melaksanakan Survei IPK-IKM setiap bulan dan hasilnya Sangat Baik (A). Tidak hanya Survei IPK-IKM, Yusup juga menyampaikan bahwa seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi, setiap bulannya secara tertib melakukan Survei Integritas Pegawai dan menunjukkan hasil yang Sangat Baik (A) pula.

Terkait fasilitas Pelayanan Publik Berbasis HAM, Yusup menerangkan bahwa ia bersama jajaran telah melakukan pembenahan yang luar biasa terhadap fasilitas-fasilitas tersebut. Segala fasilitas yang dulunya tidak ada, sudah diadakannya bersama jajaran, walaupun menurutnya, Lapas Kelas IIB Kalabahi berada dalam keterbatasan anggaran serta sarana dan prasarana.

"Harapan kami pada tahun ini, atas dukungan dari Kanwil Kemenkumham NTT melalui Bidang HAM, Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat meraih penghargaan Satker yang melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis HAM dari Menteri Hukum dan HAM RI," tandas Yusup.

Sementara itu, Kabid HAM, Mustafa Beleng, memberikan apresiasi terhadap hasil Survei IPK-IKM yang diperoleh Lapas Kelas IIB Kalabahi. Menurutnya, Lapas Kelas IIB Kalabahi merupakan satu-satu Satker di bawah pembinaan Kanwil Kemenkumham NTT yang mendapatkan hasil survei tertinggi dengan predikat Sangat Baik (A) dan respondennya mencukupi dari semua Satker yang ada, walaupun masih terdapat beberapa kendala yang sama dengan Satker lainnya di lapangan.

"Saya berikan apresiasi terhadap Lapas Kalabahi karena mendapatkan hasil survei dengan nilai Sangat Baik (A) serta respondennya mencukupi. Ini hal yang sangat luar biasa dan hasilnya lebih tinggi dari Satker lainnya yang berada di bawah pembinaan Kanwil Kemenkumham NTT. Harap untuk dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi ke depannya," ujar Mustafa.

Atas dasar itu, Mustafa menyempatkan kesempatannya untuk berdiskusi terkait strategi yang dilakukan oleh Operator Survei Lapas Kelas IIB Kalabahi sehingga mendapatkan responden sesuai ketentuan dan hasil surveinya Sangat Baik (A).




Setelah itu, Mustafa juga menyampaikan bahwa walaupun hasil Survei IPK-IKM di Lapas Kelas IIB Kalabahi sudah Sangat Baik (A). Namun, berdasarkan hasil survei tersebut, masih terdapat beberapa hal yang perlu mendapat prioritas perbaikan dan ditindaklanjuti pada Triwulan ke III oleh Lapas Kelas IIB Kalabahi guna peningkatan kualitas pelayanan menjadi lebih baik, diantaranya Informasi Pelayanan, Waktu Penyelesaian Pelayanan serta Sarana Prasarana Pelayanan.

Mustafa menjelaskan bahwa setelah ia meninjau fasilitas Pelayanan Publik Berbasis HAM yang di Lapas Kelas IIB Kalabahi, secara umum sudah sangat baik. Hanya ada beberapa hal yang perlu dilengkapi lagi sesuai dengan tindak lanjut hasil Survei IPK-IKM pada Triwulan III ini.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan hasil Monev tindak lanjut hasil Survei IPK-IKM oleh Kasubbid P3HAM, Novebriani S. Sarah. Ia menyampaikan rencana tindak lanjut perbaikan yang harus dilakukan Lapas Kelas IIB Kalabahi berdasarkan hasil Survei IPK-IKM pada triwulan III dan mendorong Lapas Kelas IIB Kalabahi agar lebih lagi meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat, walaupun memiliki segala keterbatasan.



Meresponinya, Kalapas Kalabahi dan jajaran menyampaikan komitmen mereka untuk memberikan pelayanan yang prima kepada Masyarakat dengan melakukan perbaikan lebih lanjut sesuai hasil Survei IPK-IKM pada Triwulan III tahun ini. (Humas_AN)
 

0 komentar:

Posting Komentar