Kamis, 03 Agustus 2023

SEMARAKKAN HARI KEMENKUMHAM RI KE-78, LAPAS KALABAHI GELAR BAKSOS PEMBERSIHAN TMP MALUA GALIAU ALOR


Kalabahi_Kamis (03/08/23) Dalam rangka menyemarakkan Hari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Kemenkumham RI) ke-78 Tahun 2023, jajaran Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) Malua Galiau Kabupaten Alor.

Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, yang diawali dengan apel bersama dan diakhiri dengan foto bersama.

Petugas Lapas Kelas IIB Kalabahi dengan penuh semangat nasionalisme bersama-sama membersihkan rumput, memangkas bunga sekitar taman makam, membersihkan ranting dan dedaunan yang berguguran di sekitar taman makam, serta membakar sampah.

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial ini tidak hanya dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Kemenkumham RI ke-78, tetapi juga dilaksanakan untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-78, yang diperingati secara bersama pada bulan Agustus Tahun 2023.




Yusup berharap agar melalui kegiatan sosial yang dilaksanakan jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi, dapat memberikan edukasi kepada masyarakat setempat agar senantiasa dapat memelihara kebersihan lingkungannya masing-masing di momen menyongsong HUT Kemerdekaan RI ke-78.

"Giat bakti sosial hari ini sebagai bentuk perhatian serta kepedulian kami seluruh jajaran Lapas Kalabahi terhadap keberadaan Taman Makam Pahlawan Malua Galiau di Kabupaten Alor. Hal ini juga merupakan wujud rasa syukur dan nasionalisme seluruh jajaran dalam mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur atas perjuangan membela tanah air," ujar Yusup.




Sementara itu, dari tempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, memberikan apresiasi atas tindakan mulia yang dilaksanakan Kalapas Kalabahi dan jajaran dalam membersihkan TMP Malua Galiau Kabupaten Alor.

Ia juga menekankan pentingnya setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk selalu memperhatikan dan merawat TMP yang ada di wilayah tempat tugas karena menurutnya, hal tersebut sebagai wujud penghormatan terhadap jasa-jasa para pahlawan bangsa yang telah gugur dalam mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). (Humas_AN)





 

0 komentar:

Posting Komentar