Senin, 14 Agustus 2023

PERINGATI HARI PRAMUKA KE-62, KA MABIGUS GUDEP LAPAS KALABAHI LANTIK PENEGAK BANTARA

 


Kalabahi_Senin (04/08/23) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi menggelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 serta Pelantikan Tanda Kecakapan Umum (TKU) Penegak Bantara yang bertempat di Pantai Wisata Maimol, upacara tersebut diikuti oleh perwakikan petugas lapas, 19 Orang Warga Binaan, serta para Pembina dan Pelatih dari Dewan Kerja Cabang Alor dan Saka Bhayangkara Polres Alor.

Upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 yang dirangkaikan dengan pelantikan bagi 19 orang anggota Pramuka Gugus Depan 01.147-01.148 Lapas Kalabahi berlangsung dengan penuh Khidmat dan Suka Cita serta bertindak sebagai Komandan Upacara yakni Pembina Gudep Lapas Kalabahi Kak Ardiyansyah Mahmud.

Tema Hari Pramuka ke-62 tahun 2023 ini yakni "Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional" dan diharapkan kita mampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan dan mempersiapkan diri sebagai sumber daya manusia yang profesional dan Proporsional.

Bantara adalah tingkatan syarat kecakapan umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”.


Selaku Inspektur Upacara serta sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Ka Mabigus) Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan Selamat Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 untuk kita semua dan selamat kepada 19 orang anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi yang telah dilantik menjadi Penegak Bantara, ini menjadi langkah baik Pramuka Lapas Kalabahi kedepan.

"Saya Ucapkan Selamat Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 untuk kita semua dan saya sampaikan selamat kepada 19 Orang anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi yang hari ini telah saya lantik sebagai Penegak Bantara, hal ini menjadi langkah yang baik untuk Pramuka Lapas Kalabahi kedepan,"  ujar Yusup dalam sambutanya

Selanjutnya disela upacara dirangkaikan dengan pemberian hadiah kepada 5 Orang Pembina dan Pelatih yakni Kak Ardiyansyah Mahmud, Kak Sarbini Musa Djuma, Kak Ibrahim Mancora, Kak Ansar Ali Seli, Kak Farhan Marwan serta 1 Orang Perwakilan anggota Gudep Lapas Kalabahi Kak Adi Jemi Manilang yang diberikan Langsung oleh Ka Mabigus Lapas Kalabahi

Marciana D. Jone, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Nusa Tenggara Timur, juga turut memberikan apresiasi atas terlaksananya Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 Tahun 2023 sekaligus Pelantikan Penegak Bantara bagi Warga Binaan Lapas Kalabahi yang berada di Gugus Depan 01.147-01.148 Lapas Kalabahi kegiatan positif seperti ini akan menjadi bekal bagi mereka warga binaan ketika telah bebas dan Kembali ke Masyarakat.

Kalapas Kalabahi yang juga selaku Ka Mabigus Gudep Lapas Kalabahi, Yusup Gunawan mengapresiasi kerja keras dan dedikasi semua pihak yang terlibat dalam peringatan upacara Peringatan Hari Pramuka ke-62 dan Pelantikan Penegak Bantara terkhususnya Para Pembina dan Pelatih yang tak henti-hentinya melatih adik-adik anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi sehingga menjadi bekal mereka ketika mereka sudah bebas dan kembali ke masyarakat.

Upacara diakhiri dengan Foto bersama seluruh peserta, Riang Gembira dan menikmati cemilan yang telah disediakan. (Humas_MH)

0 komentar:

Posting Komentar