Senin, 18 September 2023

GELAR UPACARA HARI KESADARAN NASIONAL, KALAPAS KALABAHI AJAK JAJARAN BERSIKAP NETRAL DALAM PEMILU 2024



Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka memperingati Hari Kesadaran Nasional, Lembaga Pemasyarakatan(Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar upacara dengan penuh khidmat, Senin (18/09). Upacara yang rutin diselenggarakan setiap bulan pada tanggal 17 ini diadakan di Lapangan Upacara Lapas Kalabahi pukul 07.30 WITA.


Upacara tersebut dihadiri oleh seluruh Pejabat Struktural, Staf Pelaksana, dan warga binaan Pramuka Lapas Kalabahi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, menjadi Inspektur Upacara dalam kegiatan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk dan memperkokoh sifat nasionalisme di antara para pegawai Lapas Kalabahi.

Dalam amanat yang disampaikan, Yusup mengajak seluruh jajaran pegawai Lapas Kalabahi untuk memelihara netralitas dan tidak memihak kepada pasangan calon manapun dalam Pemilihan Umum (Pemilu) yang akan diadakan pada tahun 2024 mendatang. Ajakan ini sejalan dengan semangat demokrasi yang berkembang di Indonesia, di mana netralitas menjadi prinsip utama bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).


“Saya  ingatkan saudara-saudara sekalian untuk menggali kembali makna dari Hari Kesadaran Nasional ini. Pentingnya untuk kita dapat menjaga semangat nasionalisme sebagai landasan bagi pemberian pelayanan publik yang berkualitas. Mari kita semua jajaran Lapas Kalabahi untuk selalu bersikap dan menjaga netralitas dalam momen  politik saat, khususnya dalam menyambut pesta demokrasi atau Pemilihan Umum yang akan dilaksanakan tahun 2024 Karena netralitas adalah kunci dalam memastikan Pemilu yang adil dan berkualitas," ujar Yusup.

Dalam rangkaian upacara, Yusup juga memberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 10 tahun pengabdian sebagai ASN kepada seorang pegawai Lapas Kalabahi atas nama, Danang M. Hadi. Melalui penghargaan tersebut Yusup berharap agar ASN yang dimaksud dapat lebih lagi melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab penuh loyalitas dan berdedikasi kepada bangsa dan negara.

Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional ini juga mendapat perhatian dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Marciana menekankan tentang pentingnya upacara ini dalam membangun kesadaran seluruh ASN Lapas Kalabahi agar tidak sekali kali melupakan sejarah dan mengingat perjuangan para pendahulu bangsa.

Dengan diadakannya upacara ini,  diharapkan dapat membentuk tradisi yang positif dan membangun semangat nasionalisme yang tinggi di kalangan jajaran pegawai Lapas Kalabahi. Upacara serupa akan terus dilaksanakan sebagai bagian dari komitmen Lapas Kalabahi dalam membangun semangat nasionalisme menuju ke arah yang lebih baik. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar