Kamis, 14 September 2023

KALAPAS KALABAHI TERIMA KUNJUNGAN DANDIM 1622/ALOR DI KEBUN SARANA ASIMILASI DAN EDUKASI WARGA BINAAN



Kalabahi, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, menerima kunjungan dari Komandan Distrik Militer (Dandim) 1622/Alor, Letkol Inf Amir Syarifudin, di Kebun Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) warga binaan, Kamis (14/09). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antara Lapas Kalabahi dan Komando Distrik Militer (Kodim) 1622/Alor dalam rangka mendukung program pembinaan kemandirian warga binaan di bidang pertanian.

Mengawali kunjungan Dandim 1622/Alor, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan terima kasih atas kunjungan tersebut dan mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara pihak Lapas Kalabahi dan Kodim 1622/Alor dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pemulihan dan pendidikan warga binaan melalui program pembinaan kemandirian yang dilaksanakan Lapas Kalabahi.

“Terimakasih Pak Dandim sudah berkunjungan melihat Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan kami. Kolaborasi antara Lapas Kalabahi dan Kodim 1622/Alor sangat penting bagi pelaksanaan tugas dan fungsi kami di bidang pembinaan. Semoga dengan kehadiran Pak Dandim di sini, dapat menciptakan lingkungan kerja yang kondusif bagi pemulihan dan pendidikan para warga binaan yang kami asimilasikan di tempat ini,” ujar Yusup.

Lebih lanjut, Yusup berharap melalui kolaborasi yang sudah terjalin, para warga binaan Lapas Kalabahi yang mengikuti pembinaan kemandirian di kebun tersebut, dapat bekerja dengan maksimal, merasa aman dari pengaruh negatif lingkungan sekitar, membawa dampak positif bagi masyarakat Kabupaten Alor, dan memperoleh kemampuan yang lebih di bidang pertanian karena menurutnya, kehadiran Kebun SAE ini untuk memberikan edukasi berupa pelatihan keterampilan kepada warga binaan di bidang pertanian.




Sementara itu, Dandim 1622/Alor, Letkol Inf Amir Syarifudin, mengatakan bahwa SAE Lapas Kalabahi berkembang sangat pesat serta menyediakan berbagai jenis tanaman sayur-mayur. Ia juga mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Lapas Kalabahi dalam melaksanakan program pembinaan kemandirian ini, dan menyatakan kesiapannya untuk terus mendukung program-program positif seperti ini guna membantu warga binaan agar dapat kembali menjadi anggota masyarakat yang produktif.

“Saya sangat mengapresiasi gebrakan luar biasa yang dilakukan Lapas Kalabahi. Kami TNI tentunya akan terus mendukung program-program positif seperti ini karena dengan ini, dapat membantu saudara-saudara kita warga binaan untuk dapat menjadi anggota masyarakat yang produktif setelah selesai menjalani masa pidana,” tutur Letkol Inf Amir.

Letkol Inf Amir juga berkesempatan melihat langsung berbagai aktivitas yang dilakukan oleh warga binaan di kebun ini, seperti penyamaian bibit, penanaman tanaman, perawatan, dan pelatihan pertanian.

Selain itu, Letkol Inf Amir menyempatkan diri untuk berdialog dengan beberapa warga binaan yang sedang bekerja saat itu. Dalam dialog tersebut, ia menanyakan terkait proses penanaman sayur-mayur serta tanaman lainnya sampai pada proses pemberian pupuk.

Dalam dialog dimaksud, narapidana juga sempat menyampaikan pengalaman mereka selama menjalani program pembinaan kemandirian di Lapas Kalabahi dan berharap dapat memiliki keterampilan yang bermanfaat setelah mereka kembali ke masyarakat.

Kunjungan ini diakhiri dengan Kalapas Kalabahi dan Dandim 1622/Alor bersepakat untuk terus memperkuat kerja sama dalam mendukung program pembinaan kemandirian narapidana di bidang pertanian, sehingga para narapidana dapat kembali ke masyarakat sebagai individu yang lebih baik dan berkontribusi positif.

Hal ini sejalan dengan harapan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, yang selalu menginstruksikan seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan agar dapat berkolaborasi dengan berbagai stakeholder dalam memperlancar pelaksanaan pembinaan terhadap warga binaan. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar