Kamis, 14 September 2023

KALAPAS KALABAHI TERIMA KUNJUNGAN BELAJAR SISWA-SISWI SD KRISTEN GIDION DI KEBUN SAE WARGA BINAAN


Kalabahi, INFO_PAS – Dalam rangka mendukung metode pembelajaran anak Sekolah Dasar (SD), Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, menerima kunjungan belajar dari Siswa-Siswi Kelas 3 SD Kristen Gidion Kalabahi yang saat itu didampingi Guru Wali Kelas mereka, Diana Abola, di Kebun Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) warga binaan, Kamis (14/09).

Tindakan yang dilakukan Kalapas Kalabahi ini, mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

Mengawali kegiatan, Diana Abola menyampaikan bahwa tujuan mereka membawa Siswa-Siswi Kelas 3 SD Kristen Gidion ke Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi adalah untuk belajar lebih mendalam tentang Pertumbuhan Makhluk Hidup.

Ia juga menyampaikan hal yang melatarbelakangi dirinya sebagai Guru Wali Kelas dan pihak sekolah memilih Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi sebagai objek pembelajaran karena Kebun SAE merupakan salah satu perkebunan di Kabupaten Alor yang menyediakan berbagai macam tanaman yang dapat membantu pihak sekolah untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi mereka.

“Kebun Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan Lapas Kalabahi sangat cocok sebagai media pembelajaran siswa-siswi kami. Kebanyakan dari mereka tahu nama-nama tanaman, baik itu sayur-mayur dan tanaman lainnya. Namun, mereka belum tahu bentuk dan jenis tanamannya seperti apa, sehingga kami memprogramkan pembelajaran lapangan dan memilih lokasinya di sini,” ujar Diana.

Lebih lanjut, Diana berharap agar Kalapas Kalabahi dan jajaran serta para warga binaan yang melaksanakan asimilasi di kebun tersebut, dapat menerima dan membantu siswa-siswi dalam memberikan informasi terkait berbagai jenis tanaman yang ada serta proses penanaman dan perawatannya.




Sementara itu, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, dengan senang hati menyampaikan bahwa ia bersama jajaran serta warga binaan siap menerima dan membantu memfasilitasi para Siswa-Siswi Kelas 3 SD Kristen Gidion Kalabahi dengan memberikan informasi terkait berbagai jenis tanaman yang ada di Kebun SAE serta proses penanaman sampai pada perawatannya.

“Kami bangga jika keberadaan Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan Lapas Kalabahi dapat dijadikan sebagai media pembelajaran oleh pihak SD Kristen Gidion Kalabahi karena sesungguhnya kehadiran SAE ini tidak hanya untuk mengedukasi warga binaan Lapas Kalabahi, tetapi menjadi wadah yang dapat mengedukasi seluruh masyarakat di Kabupaten Alor yang ingin belajar tentang ilmu pertanian atau cara bercocok tanam yang baik dan benar,” tutur Yusup.

Yusup juga menekankan pentingnya ilmu pertanian diberikan sedini mungkin kepada anak-anak, terlebih siswa-siswi SD karena menurutnya, pertanian adalah salah satu kegiatan yang lebih dekat dengan masyarakat dan gampang dilakukan. Selain itu, kebanyakan masyarakat Kabupaten Alor memiliki profesi sebagai petani.

“Sebelumnya, perlu kami sampaikan bahwa kegiatan pembelajaran seperti ini sudah sering dilakukan oleh anak-anak kita dari beberapa Taman Kanak-Kanak atau TK yang ada di Kabupaten Alor ini. Jadi, bagi adik-adik siswa-siswi SD Kristen Gidion Kalabahi, nantinya akan diarahkan oleh petugas kami untuk bertemu saudara-saudara warga binaan dan bisa langsung mewawancarai atau bertanya banyak hal seputar tanaman kepada mereka,” jelasnya.




Kegiatan dilanjutkan dengan siswa-siswi SD Kristen Gidion Kalabahi bertemu para warga binaan yang sedang bekerja dan mewawancarai mereka. Para warga binaan memperkenalkan seluruh jenis tanaman yang ada di Kebun SAE serta proses penanaman sampai pada perawatannya. Mereka juga memberikan informasi tentang waktu panen, sumber air yang digunakan untuk menyiram, serta hasil jualan sayur-mayur per minggu.

Diakhir kegiatan, Siswa-Siswi tersebut berbagi kasih dengan para warga binaan. Mereka menyiapkan dan memberikan camilan untuk dikonsumsi warga binaan. (Humas_AN)
 


0 komentar:

Posting Komentar