Jumat, 08 September 2023

PEDULI KESEHATAN WARGA BINAAN LANSIA, LAPAS KALABAHI GELAR KEGIATAN SENAM LANSIA


Kalabahi, INFO_PAS – Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan para warga binaan Lanjut Usia (Lansia), Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, menggelar kegiatan senam Lansia, Jumat (8/9). Kegiatan tersebut turut diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kalabahi dan mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.

Senam dilaksanakan di halaman depan Kantor Lapas Kalabahi dan dipimpin oleh Instruktur Senam, Ns. Yosafat Laka, dari Rumah Sakit Daerah (RSD) Kalabahi.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, usai melaksanakan senam mengatakan bahwa kegiatan senam Lansia yang digelar bagi seluruh warga binaan Lansia akan dilaksanakan setiap bulan. Hal tersebut dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan warga binaan yang sudah berusia 60 tahun ke atas.

“Kegiatan senam Lansia ini merupakan salah satu kegiatan yang sudah ditetapkan dalam program kerja kami tahun ini, khususnya pada Seksi Binadikgiatja. Kegiatan baru terlaksana hari ini karena kami baru saja mendapatkan Instruktur yang menguasainya,” ujar Yusup.

Yusup juga menyampaikan bahwa Lapas Kalabahi sendiri memiliki warga binaan Lansia sebanyak 12 orang, dan semuanya mengikuti senam hari ini. Ia berharap, para warga binaan Lansia di Lapas Kalabahi dapat merasakan manfaat yang luar biasa setelah mengikuti senam dimaksud.



Selanjutnya, dilansir dari rsko - jakarta.com, senam Lansia sendiri merupakan olahraga ringan dan mudah dilakukan, tidak memberatkan pada lansia. Adapun manfaat senam lansia, yakni bermanfaat untuk menghambat proses penuaan, jika dilakukan secara teratur akan mendapat kesegaran jasmani yang baik, mencegah terjadinya kehilangan massa tulang, terpeliharanya kekuatan otot, daya tahan tubuh dan kelenturan persendian, terpeliharanya kesehatan jantung dan sistem pernapasan menjadi baik, tekanan darah menjadi stabil dan dapat meningkatkan peredaran darah, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit, serta menimbulkan rasa bahagia,bisa tidur lebih nyenyak dan pikiran tetap segar.

Sementara itu, salah seorang warga binaan Lansia yang tidak ingin disebutkan namanya, mewakili teman-temannya menyampaikan terima kasih kepada Kalapas Kalabahi dan jajaran karena telah mempedulikan kesehatan mereka dengan menyelenggarakan kegiatan senam Lansia setiap bulan. Ia berharap kegiatan senam tersebut dapat terlaksana dengan baik dan berkelanjutan.



”Senam Lansia ini sangat luar biasa. Baru sekali saja dilaksanakan, kami sudah merasakan efek yang luar biasa bagi tubuh kami. Kami berharap kegiatan senam ini dapat terus dilaksanakan dengan baik. Terima kasih kepada Bapak Kalapas Kalabahi dan seluruh pegawai karena sudah menyelenggarakan senam ini bagi kami para Lansia di Lapas ini,” pungkasnya. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar