Senin, 18 September 2023

KERJASAMA LAPAS KALABAHI DAN DISTANBUN KABUPATEN ALOR: TRAKTOR MODERN MENGUATKAN PEMBINAAN KEMANDIRIAN WARGA BINAAN DI BIDANG PERTANIAN


Kalabahi, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menerima bantuan pinjaman satu unit traktor modern dari Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Alor, Senin (18/09). Penyerahan bantuan ini merupakan hasil dari kerjasama erat antara Lapas Kalabahi dan Distanbun Kabupaten Alor, yang bertujuan untuk menguatkan program pembinaan kemandirian warga binaan di bidang pertanian.

Turut hadir saat itu, Petugas Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Distanbun Kabupaten Alor, Ponciano Correia, yang secara langsung menyerahkan traktor kepada pihak Lapas Kalabahi dan diterima oleh Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Kegiatan Kerja (Giatja), Abdurrahman Haryono, dengan didampingi Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pelaporan dan Tata Tertib (Laptatib), David H. O. Loa, dan Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Registrasi dan Bimbingan Kemasyarakatan (Regbimkemas), Henok P. Mabilehi.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, saat ditemui di ruangannya menyampaikan rasa hormat dan terimakasih yang besar kepada Kepala Distanbun Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora, atas pemberian bantuan pinjaman tersebut.

"Saya sampaikan rasa hormat dan terimakasih kepada Kepala Distanbun Kabupaten Alor, Pak Yustus atas pemberian bantuan pinjaman traktor kepada kami Lapas Kalabahi. Kerjasama ini adalah contoh nyata bagaimana sektor pertanian dan pemasyarakatan dapat bersinergi untuk menciptakan peluang pembelajaran dan pelatihan bagi warga binaan," ujar Yusup.

Yusup juga menekankan bahwa kehadiran traktor modern ini akan membawa dampak positif bagi kemajuan lahan pertanian warga binaan Lapas Kalabahi dalam mendukung program pemerintah daerah kabupaten Alor, yakni Alor Kenyang, Alor Sehat, Alor Pintar.


Selain itu, program pembinaan kemandirian warga binaan yang melibatkan dukungan Distanbun Kabupaten Alor ini merupakan amanat Kepala Kantor Wilayah (KaKanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan untuk selalu melakukan kolaborasi dengan suruh organisasi perangkat daerah di tingkat  kabupaten/kota.

Bantuan traktor ini juga mencerminkan komitmen Lapas Kalabahi dalam menjalankan aktivitas pertanian dan perkebunan secara efektif, efisien, dan berkelanjutan. Dengan adanya traktor modern, proses pertanian dan perkebunan di Lapas Kalabahi diharapkan akan menghasilkan hasil panen yang lebih baik dan memberikan peluang belajar yang lebih besar bagi warga binaan asimilasi yang terlibat dalam kegiatan ini.

Serah terima traktor ini menjadi bukti nyata bahwa kolaborasi antara Lapas Kalabahi dan Distanbun Kabupaten Alor dapat memberikan manfaat besar bagi warga binaan serta memajukan sektor pertanian di Kabupaten Alor.

Kedepannya, Lapas Kalabahi berharap dapat menjalankan aktivitas pertanian dan perkebunan secara lebih baik lagi, dengan berkomitmen untuk meningkatkan program asimilasi yang akan  membantu warga binaan untuk kembali menjadi warga masyarakat yang produktif, inovatif, dan berkontribusi bagi daerah. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar