Selasa, 28 Februari 2023

LAPAS KALABAHI GELAR IN HOUSE TRAINING PENGISIAN LHKASN PADA APLIKASI SERAYA BAGI SELURUH PEGAWAI



Kalabahi_Selasa (28/02/23) Untuk meningkatkan kesadaran dan integritas ASN dalam mengelola harta dan kewajibannya, serta memberikan transparansi atas harta dan kewajiban yang telah diperoleh ASN, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan menggelar kegiatan In House Training Pengisian Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN) Pada Aplikasi SERAYA (Sistem Pelaporan Harta Kekayaan) bagi seluruh pegawai.

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar arahan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM NTT, Marciana D. Jone yang mewajibkan seluruh pegawai untuk melaporkan harta kekayaannya masing-masing.

Kegiatan dibuka oleh Plh. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Putu Perdana dengan Instruktur, Daniel Robert Anie selaku Operator Aplikasi SERAYA dan dibantu Staf Kepegawaian, Trivan D. Lomi.

Dalam penyampaiannya, Putu berharap agar seluruh pegawai dapat melakukan pengisian harta kekayaan pribadi pada Aplikasi SERAYA dengan data yang sebenarnya serta dalam kurun waktu yang telah ditentukan sampai pada tanggal 31 Maret 2023.

"Inputlah data harta kekayaan saudara-saudara sesuai dengan keadaan yang sebenarnya serta harus diselesaikan sampai pada akhir Bulan Maret ini," ucap Putu.

Lebih lanjut, Putu menjelaskan bahwa LHKASN wajib dibuat oleh seluruh pegawai karena merupakan salah satu syarat yang menentukan Lapas Kelas IIB Kalabahi layak atau tidak meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Tahun 2023.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dan simulasi cara pengisian laporan harta kekayaan pada Aplikasi SERAYA oleh Instruktur, Daniel Robert Anie selaku Operator Aplikasi SERAYA.

Pada kesempatan ini, Robert menyampaikan terkait beberapa dokumen yang disiapkan oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi sebelum melakukan pengisian laporan harta kekayaan pada Aplikasi SERAYA.




"Adapun data-data yang diperlukan dalam pengisian LHKASN pada Aplikasi SERAYA, yakni Data Pribadi, Harta Kekayaan, Penghasilan, dan Pengeluaran. Pengisian LHKASN pada Aplikasi SERAYA tahun ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena tahun ini data-data yang dilaporkan lebih detail. Pengisian LHKASN untuk bapak/ibu PNS dan CPNS juga berbeda," jelas Robert.

Diakhir kegiatan, Robert berharap agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi segera menyiapkan data-data yang diperlukan untuk pengisian LHKASN pada Aplikasi SERAYA dan meminta mereka untuk selalu berkoordinasi dengannya apabila mengalami hambatan dalam mengoperasikan Aplikasi SERAYA.
 

0 komentar:

Posting Komentar