Senin, 06 Februari 2023

WUJUDKAN PEMBINAAN YANG BERKUALITAS BAGI NARAPIDANA, KALAPAS KALABAHI BANGUN KOLABORASI DENGAN MAHASISWA UNTRIB ALOR




Kalabahi_Senin (06/02/23) Untuk mewujudkan pembinaan yang berkualitas bagi narapidana sesuai dengan arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan didampingi Kasi Adm Kamtib, Yesriel K. I. Bana membangun kolaborasi dengan Mahasiswa Universitas Tribuana (Untrib) Alor.

Dalam pertemuan bersama mahasiswa yang bertempat di lapangan olahraga Lapas Kelas IIB Kalabahi, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan meminta dukungan Mahasiswa Untrib Alor untuk berbagi ilmu pengetahuan dengan seluruh narapidana dalam proses pembinaan yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi.

"Kami di Lapas Kalabahi memberikan berbagai macam pembinaan bagi seluruh narapidana. Di sini ada pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian. Pembinaan kepribadian terdiri dari pembinaan rohani di Gereja dan Masjid, pembinaan kesadaran berbangsa dan bernegara seperti kegiatan latihan pramuka bagi narapidana yang sudah kami bentuk, pembinaan intelektual, dan pembinaan kesadaran hukum, sedangkan pembinaan kemandirian terdiri dari pembinaan di bidang pertanian, perbengkelan, perikanan, menjahit, pangkas rambut, membuat souvenir, pot bunga, meubeler dan lain-lain. Di sini narapidana dilatih keterampilan mereka untuk dapat hidup produktif ketika bebas," jelas Yusup.




Yusup berharap kehadiran Mahasiswa Untrib Alor dengan berbagai disiplin ilmu dapat membantu pihak Lapas Kalabahi dalam menyelenggarakan berbagai jenis pembinaan yang ada.

"Tidak hanya kami petugas Lapas Kalabahi yang dapat melaksanakan pembinaan bagi narapidana yang ada, tetapi bantuan dan masukan dari adik-adik Mahasiswa sangat kami butuhkan untuk meningkatkan kualitas pembinaan kami terhadap narapidana. Kami membutuhkan ide-ide yang bagus dan cemerlang dari adik-adik," tuturnya.

Di sisi lain, Mahasiswa Untrib Alor siap membantu Lapas Kelas IIB Kalabahi dalam memberikan pembinaan kepada narapidana dengan saling sharing ilmu pengetahuan sesuai dengan disiplin ilmu yang dibutuhkan pada berbagai jenis pembinaan yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi.


 

0 komentar:

Posting Komentar