Kamis, 23 Februari 2023

PIMPIN APEL PAGI, KAKANWIL MARCIANA AJAK PEGAWAI LAPAS KALABAHI AWALI TUGAS DENGAN PENUH RASA SYUKUR DAN JAGA INTEGRITAS




Kalabahi_Kamis (23/02/23) Bertempat di lapangan apel Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Nusa Tenggara Timur, Marciana D. Jone memimpin apel pagi yang diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Turut hadir dalam apel, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan beserta seluruh pejabat struktural eselon IV dan V.

Dalam amanatnya, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone mengajak seluruh pegawai agar selalu mengawali dan memulai tugas setiap hari dengan penuh rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa serta menjaga integritas dengan sebaik-baiknya.

"Kita harus selalu bersyukur kepada Tuhan karena Tuhan Maha baik, sehingga kita dipercayakan untuk bertugas di Kemenkumham lebih khususnya di Lapas Kalabahi. Disamping itu, kita juga harus tetap menjaga integritas dengan sebaik-baiknya," ujar Marciana.

Bukan hanya itu, Marciana juga menghimbau agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat selalu menjaga kesehatan karena menurutnya Covid-19 belum berakhir dan sedang dalam masa transisi menuju endemi.

Lebih lanjut, Marciana menyampaikan pengarahan terkait pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

"Saat ini kita sedang mempersiapkan Satuan Kerja yang akan kita usulkan ke Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat Jenderal Kemenkumham untuk mengikuti evaluasi meraih WBK dan WBBM. Mohon untuk segera melengkapi data dukungnya dengan sebaik mungkin," imbaunya.




Marciana juga mengatakan bahwa Implementasi WBK dan WBBM tidak hanya di atas kertas tetapi diwujudnyatakan dalam pelaksanaan tugas, pokok, dan fungsi sehari-sehari sebagai Petugas Pemasyarakatan.

"Laksanakan tugas saudara-saudara dengan baik karena saudara-saudara diberikan mandat dan tanggungjawab yang mulia oleh negara untuk membina dan mengamankan warga binaan," tegas Marciana.

Usai apel pagi, Kakanwil, Marciana didampingi Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan langsung memantau dapur warga binaan yang sedang direnovasi.

Dalam pemantauannya, Marciana memberikan apresiasi kepada Kalapas Kalabahi karena menurutnya Kalapas Kalabahi sudah menunjukkan progres kerja yang baik dalam memberikan pelayanan yang prima kepada warga binaan melalui pembenahan dapur yang layak dan bersih walaupun baru melaksanakan tugas 3 bulan sebagai Kepala Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Kepada pegawai yang merupakan Petugas Pengelola Bahan Makanan, Marciana berharap agar setiap bahan makanan yang masuk ke dalam Lapas Kalabahi untuk diolah menjadi makanan warga binaan wajib didokumentasi untuk membuktikan bahwa bahan makanan tersebut benar sesuai dengan daftar menu 10 hari.

Setelah itu, Marciana juga menyempatkan waktu untuk memantau blok dan kamar hunian warga binaan serta berdiskusi dengan mereka.

Kepada warga binaan, Marciana minta untuk selalu sabar dan bersyukur dalam menjalani masa pidana.

"Saudara-saudara harus tetap sabar dan selalu bersyukur dalam menjalani masa pidana. Di Lapas saudara-saudara dibina, ditempa, dan dibimbing untuk menjadi orang yang lebih bermanfaat di masa yang akan datang. Mohon untuk selalu menjaga kebersihan dalam blok dan kamar hunian serta tidak membuat kegaduhan dan melanggar aturan dan tata tertib dalam Lapas," harapnya.




Selanjutnya, bersama Kalapas Kalabahi dan jajaran, Marciana menyaksikan penampilan 20 orang Anggota Pramuka warga binaan Gugus Depan (Gudep) Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Dihadapan Marciana, Anggota Pramuka warga binaan Gudep Lapas Kelas IIB Kalabahi memberikan hormat, menampilkan gerakan periksa kerapian, gerakan 2 kali Tepuk Pramuka dan 5 kali tepuk Pramuka.

Melihat penampilan Anggota Pramuka Warga Binaan, Marciana memberikan apresiasi dan mengajak mereka untuk menjadi role model bagi warga binaan yang lain.

"Anggota Pramuka mempunyai kesatria yang suka menolong sesama. Kalau ada warga binaan yang sakit, silahkan kalian bantu atau tolong mereka dengan cara melaporkan kepada petugas untuk segera ditindaklanjuti. Itulah hal-hal kecil yang harus dilakukan oleh anak-anak Pramuka namun sangat berarti. Lanjutkan latihan yang sudah dilaksanakan selama ini karena melalui latihan Pramuka, pribadi saudara-saudara akan dibentuk menjadi lebih baik," pungkas Marciana.












 

0 komentar:

Posting Komentar