Selasa, 25 Juni 2024

Lapas Kalabahi Bersama Tim Satgas Kamtib Divisi PAS Kanwil NTT Gelar Penggeledahan di Blok Hunian

Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka menjalankan fungsi pengamanan dan keamanan dalam pemasyarakatan, seluruh pejabat dan jajaran pengamanan Lapas Kelas IIB Kalabahi bersama Tim Satgas Kamtib Divisi PAS Kanwil NTT menggelar penggeledahan di dalam Blok Hunian Lapas Kalabahi pada saat malam hari, Senin (24/06).

 

Dalam kegiatan ini, Tim Satgas Kamtib Divisi PAS Kanwil NTT yang terdiri dari 5 orang yang dipimpin oleh Kasubid Bimbingan dan Pengentasan Anak, Daud Hela Lega. Di awal kegiatan, Daud memberikan pengarahan kepada petugas yang akan melaksanakan kegiatan penggeledahan. Dalam arahannya, Daud menyampaikan agar dalam pelaksanaan penggeledahan nanti dapat bekerja dengan humanis dan tetap berpedoman pada peraturan yang ada. "Malam ini kita akan melaksanakan penggeledahan di Blok Hunian, jadi saya harap agar barang-barang seperti benda tajam, barang-barang elektronik, serta benda yang dilarang lainnya dapat diamankan untuk segera dimusnahkan, semoga kegiatan kita dapat berjalan lancar dan aman," ucap Daud.

 

Seusai pengarahan, tim penggeledahan dibagi menjadi 2 tim dimana masing-masing tim bertugas menggeledah masing-masing 1 Blok Hunian. Penggeledahan berjalan dengan aman dan kondusif serta ditemukan beberapa barang seperti silet, paku, sendok, besi dan kaca. Seluruh barang tersebut kemudian disita lalu di musnahkan dengan cara dibakar. Setiap barang yang disita sudah didata terlebih dahulu agar terdapat bukti data yang dapat dipertanggungjawabkan.

 

Menanggapi kegiatan tersebut, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa kegiatan penggeledahan ini adalah hal yang rutin dilaksanakan di Lapas Kalabahi setiap minggunya agar tercipta suasana pemasyarakatan yang aman dan nyaman. "Petugas Lapas itu harus sigap, cepat, dan cerdas dalam melaksanakan tugas pengamanan di Lapas. Blok hunian merupakan bagian penting dari tugas pengamanan. Oleh karena itu jadikanlah Blok hunian aman dari segala benda-benda yang dapat membahayakan keamanan dan kenyamanan dalam bertugas.

 

Salah satu warga binaan, Inisial LM, berkata, "Menurut saya kegiatan penggeledahan yang dilaksanakan sangat bermanfaat agar Blok Hunian yang kami tinggali menjadi semakin aman dan nyaman."

 

Menanggapi kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan ini. Marciana berpesan agar seluruh UPT khususnya di Lapas, Rutan, dan LPKA untuk selalu memastikan bahwa Blok Hunian dalam keadaan steril dan aman. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar