Minggu, 30 Juni 2024

Berikan Pengarahan Kepada Warga Binaan, KA. KPLP Lapas Kalabahi Himbau Agar Blok Hunian Bersih dan Asri


Kalabahi, INFO_PAS - Dalam rangka memastikan lingkungan sekitar Blok Hunian bersih dan asri, KA. KPLP, Saverinus A. Rengi, berikan pengarahan kepada warga binaan pada hari Minggu (30/06).

 

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan salah satu komitmen Lapas Kelas IIB Kalabahi dalam menjaga kebersihan dari area lingkungan Blok Hunian agar menjadi tempat tinggal yang nyaman dan aman bagi warga binaan. Dalam pengarahan ini, Saver menyapa seluruh warga binaan serta menyampaikan beberapa poin penting mengenai kebersihan di area Blok Hunian.

 Serupa dengan hal diatas, Saver menjelaskan bahwa Blok Hunian harus bersih dan asri agar tidak menimbulkan sarang penyakit sekaligus menciptakan tempat yang nyaman untuk ditempati oleh warga binaan. "Rekan-rekan, tolong laksanakan kebiasaan-kebiasaan yang baik, salah satunya adalah dengan menjaga kebersihan tempat tinggal kalian selama disini yaitu Blok Hunian. Masing-masing dari kalian harus mempunyai rasa kesadaran diri serta kepedulian akan kebersihan Blok Hunian ini," ujar Saver.

 

Di tengah pengarahan, salah satu warga binaan, inisial HL, menyampaikan dukungannya terhadap langkah KA. KPLP dalam mewujudkan lingkungan Blok Hunian yang bersih dan asri. "Sebagai warga binaan, tentu kami harus menjaga tempat yang kami tinggali sehari-hari dengan saling bahu-membahu antar warga binaan," tutur HL.

 

Menanggapi pengarahan tersebut, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa kebersihan dari area Blok Hunian adalah tanggung jawab bersama, maka dari itu dibutuhkan kerja sama yang baik dan kesadaran diri yang tinggi untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan asri. "Pesan saya kepada warga binaan, meskipun kalian tinggal di penjara, bukan berarti kalian jadi malas-malasan dan enggan untuk menjaga kebersihan dari tempat tinggal kalian. Justru jadikan momen tersebut sebagai titik balik dari diri kalian masing-masing agar menjadi individu yang lebih baik lagi," pesan Yusup.

 

Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone memberikan komentar yang baik atas kegiatan ini. Dalam momen ini, Marciana menyampaikan agar setiap UPT terkhusus di Lapas, Rutan, dan LPKA agar rutin mengarahkan warga binaannya untuk menjaga keasrian dan kebersihan dari area Blok Hunian agar terwujudnya tujuan dari Pemasyarakatan. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar