Sabtu, 01 Juni 2024

Peringati Hari Lahir Pancasila: Jajaran Lapas Kalabahi Laksanakan Upacara dengan Baju Adat Daerah


Kalabahi, INFO_PAS - Jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi menggelar Upacara untuk memperingati hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Lapas yang diikuti oleh seluruh Jajaran Lapas dengan menggenakan baju adat daerah masing-masing pada hari Sabtu (01/06).

 

Upacara ini berjalan dengan lancar dan penuh dengan semangat nasionalisme. Di dalam rangkaian kegiatan upacara, Yusup membacakan pidato dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, Yudian Wahyudi. Di dalam pidatonya, disampaikan bahwa Pancasila harus senantiasa dijiwai dan dipedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia.

 

Di pertengahan upacara, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa perkembangan Globalisasi saat ini semakin pesat dan tentu saja berpengaruh terhadap ideologi kita yaitu Pancasila. Oleh karena itu, jadikan Pancasila sebagai filter untuk menghadapi arus Globalisasi ini.

 

"Pancasila merupakan ideologi kita dalam melaksanakan kegiatan sehari-sehari, namun perlu diingat saat ini perkembangan Globalisasi semakin pesat, maka dari itu mari kita jaga serta amalkan nilai-nilai Pancasila agar kita tidak lupa jati diri bangsa kita," tutur Yusup.

 

Menanggapi momen ini, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone menyampaikan bahwa Pancasila merupakan dasar ideologi kita, oleh karena itu, diharapkan setiap UPT agar senantiasa memeriahkan hari yang bersejarah ini.

 

Dengan semangat Pancasila, Jajaran Lapas Kalabahi siap bergotong royong merawat anugerah Pancasila melalui peringatan hari Lahir Pancasila 1 Juni ini. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar