Senin, 17 Juni 2024

Semarak Hari Raya Idul Adha 1445 H: Jajaran dan Warga Binaan Lapas Kalabahi Laksanakan Sholat Id dan Pemotongan Hewan Kurban



Kalabahi, INFO_PAS- Dalam suasana yang suci di hari Raya Idul Adha 1445 H, Jajaran dan warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi melaksanakan Sholat Id Berjamaah dan pemotongan Hewan Kurban, Senin (17/06).

 

Pelaksanaan Sholat Id berjamaah bertempat di Masjid At-Taubah Lapas Kalabahi, dihadiri oleh seluruh Jajaran serta warga binaan Lapas Kalabahi yang beragama muslim. Hadir pula 30 Orang Anak dari Yayasan Panti Asuhan An-Nur yang dipimpin oleh pensiunan pegawai Lapas Kalabahi, Mahmud B.S Gorang, serta beberapa keluarga dari warga binaan yang ingin mengikuti ibadah Sholat Id bersama. Mahmud menyampaikan rasa terimakasih karena diizinkan untuk bergabung untuk mengikuti Sholat Id di Lapas Kalabahi.

 

Ibadah Sholat Id dipimpin oleh Ustaz Zulfikar dan dilanjutkan dengan penyampaian Khotbah mengenai pentingnya berkurban sebagai bentuk pengorbanan kita  sebagai umat muslim untuk beribadah kepada Allah SWT. "Kita dapat mengambil hikmah dari kisah Nabi Ibrahim dan anaknya Nabi Ismail. Dalam kisah tersebut kita diajarkan untuk berkurban semata-semata hanya untuk Allah SWT. Dengan berkurban kita juga dapat berbagi daging kurban dengan orang-orang yang membutuhkan. Di hari yang suci ini mari kita menyambutnya dengan suka cita dan senantiasa berbagi dengan sesama." pesan Zulfikar.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan Hewan Kurban berupa 2 ekor sapi yang dilaksanakan di area Pos Lingkungan dengan pengawasan dan bimbingan dari seorang ahli pemotongan hewan kurban, Hasan Boling. Pelaksanaan pemotongan dilaksanakan sesuai dengan ajaran Islam dengan dibantu oleh beberapa warga binaan.

 

Di momen yang sama, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, berpesan kepada jajaran agar dalam pelaksanaan rangkaian ibadah hari Raya Idul Adha ini untuk selalu waspada dan tetap menjalankan SOP yang berlaku dalam bertugas. "Untuk panitia Kurban, saya harap agar pembagian daging nantinya dapat berjalan dengan aman, kondusif, dan adil. Semoga di hari yang suci ini kita semua dapat dilimpahkan kebaikan dan keberkahan dalam hidup," tutur Yusup.

 

Menanggapi kegiatan tersebut, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, berpesan kepada setiap Satker agar dapat melaksanakan ibadah hari Raya Idul Adha 1445 H dengan aman, lancar dan tetap berpedoman dengan aturan yang ada.

 

Pelaksanaan Sholat Ied Berjamaah dan pemotongan Hewan Kurban merupakan bukti komitmen Lapas Kalabahi dalam memeriahkan hari Raya Idul Adha 1445 H sekaligus sebagai bentuk dalam berbagi kasih kepada sesama. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar