Senin, 06 Februari 2023

PASTIKAN PEGAWAI DAN WARGA BINAAN BEBAS DARI NARKOBA, LAPAS KALABAHI GELAR KEGIATAN PEMERIKSAAN URINE



Kalabahi_Senin (06/02/23) Dalam rangka memastikan seluruh pegawai dan warga binaan bebas dari narkoba, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi dibawah kepemimpinan Yusup Gunawan dan atas arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone menggelar kegiatan pemeriksaan urine.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan dan ditangani oleh Kepala Seksi Adm Kamtib, Yesriel K. I. Bana, Kasubsi Laptatib, David H. O. Loa dan Plt. Kepala Seksi Binadikgiatja, Putu Perdana bersama Kepala Sub Seksi Perawatan, Sepreni A. Malote serta Staf Perawan, Andryan H. Kolly dan Maria L. Laja.

Dalam sambutannya, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan pemeriksaan urine terhadap seluruh pegawai dan warga binaan adalah salah satu kegiatan Direktorat Keamanan dan Ketertiban Direktorat Jenderal Pemasyarakatan yang dilaksanakan oleh Lapas dan Rutan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan atau mendeteksi secara dini penggunaan narkoba oleh pegawai dan warga binaan, sehingga dapat diambil langkah pengendalian atau penanganan yang tepat apabila ditemukan ada pegawai atau warga binaan yang mengkonsumsi narkoba," ujar Yusup.




Yusup menjelaskan bahwa dalam pemeriksaan urine kali ini, ada sebanyak 73 orang pegawai dan 50 orang warga binaan yang mengikutinya.

"Pada pemeriksaan kali ini, kami tidak mengikutsertakan seluruh warga binaan karena alat tesnya terbatas. Namun, mereka akan kami inventarisir untuk ikut pada tahap berikutnya," jelasnya.

Menurutnya,  saat pemeriksaan, petugas perawatan akan memberikan alat tes kepada masing-masing pegawai dan warga binaan yang secara otomatis alat tes tersebut menampilkan hasil setelah menampung urine sebanyak volume yang ditentukan.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan pemeriksaan urine dan Kalapas Kalabahi diperiksa lebih dahulu kemudian diikuti oleh para pejabat struktural, staf dan warga binaan.

Hasil pemeriksaan urine menyatakan bahwa seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi sebanyak 73 orang dan 50 orang warga binaan negatif atau tidak mengkonsumsi narkoba.




 

0 komentar:

Posting Komentar