Senin, 13 November 2023

KEBUN SAE WARGA BINAAN LAPAS KALABAHI JADI WISATA RAMAH ANAK TK DI KABUPATEN ALOR


Kalabahi, INFO_PAS - Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) Warga Binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menjadi Wisata Ramah Anak Taman Kanak-Kanak (TK) di Kabupaten Alor. Hal tersebut terbukti karena Lapas Kalabahi kembali menerima kunjungan 3 (tiga) rombongan belajar anak-anak TK di SAE Warga Binaan yang berlokasi di Kadelang Kota Kalabahi, Senin (13/11).

3 (tiga) rombongan belajar anak-anak TK tersebut berasal dari TK Galilea Padang Tekukur, TK Cermin Tingkat I, dan TK Katolik Santa Theresia Lipa.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, yang saat itu hadir bersama beberapa Staf Pelaksana menyambut kedatangan ketiga rombongan belajar anak-anak TK dengan penuh hangat.

Dalam kesempatan itu, Yusup menyampaikan bahwa ia bersama seluruh jajaran dan warga binaan asimilasi akan sangat mendukung kegiatan belajar anak-anak TK di Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi, karena menurutnya kehadiran Kebun tersebut tidak hanya menjadi tempat asimilasi dan edukasi bagi warga binaan asimilasi, tetapi menjadi agrowisata mini dan wisata ramah anak yang juga memberikan edukasi kepada masyarakat dan anak-anak untuk mengembangkan diri di bidang pertanian.

"Di sini telah tersedia berbagai macam tanaman holtikultura, yang terdiri dari tanaman sayur-mayur, buah-buahan, bunga-bungaan, dan Tanaman Obat Keluarga (Toga). Nanti, anak-anak akan diarahkan petugas untuk mengelilingi dan melihat semua tanaman di Kebun SAE ini. Para petugas dan warga binaan akan menjelaskan tentang jenis-jenis tanaman dan proses penanamannya," ujar Yusup.



Selanjutnya, beberapa anak TK langsung meresponi penyampaian Kalapas Kalabahi dengan mengajukan beberapa pertanyaan seputar berbagai jenis tanaman dan proses penanamannya. Kalapas Kalabahi menjawabnya secara detail sampai selesai.

Sementara itu, Kepala Sekolah (Kepsek) TK Galilea Padang Tekukur, Salomi Sumaa, menyampaikan bahwa hal yang melatarbelakangi ia bersama para guru membawa anak-anak TK untuk melaksanakan kegiatan belajar di Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi adalah karena kebun tersebut merupakan kebun yang paling unggul di Kabupaten Alor, karena menyediakan berbagai jenis tanaman sayur-mayur dan tanaman lainnya, yang sesuai dengan kurikulum pendidikan nasional, yakni Kurikulum Merdeka.

"Di dalam Kurikulum Merdeka itu ada satu project belajar yang wajib kami ajarkan kepada anak-anak TK, yakni project belajar kunjungan ke kebun sayur. Oleh karena itu, kami memilih Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi karena sangat cocok untuk dijadikan media belajar bagi anak-anak kami, karena sesuai dengan Kurikulum Merdeka," jelas Salomi.

Bukan hanya Kepsek Salomi, Kepsek TK Cermin Tingkat I, Diana J. Waang, dan Kepsek TK Katolik Santa Theresia Lipa, Veronica Nona, juga menyampaikan hal yang sama. Namun, yang membedakan adalah project belajar mereka.




Mereka berdua bersama para guru membawa anak-anak TK ke Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi untuk melaksanakan project belajar tentang proses penanaman berbagai jenis tanaman.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan para Petugas Lapas Kalabahi membawa para guru dan anak-anak TK mengelilingi Kebun SAE sembari memperkenalkan semua jenis tanaman yang ada dalam kebun tersebut dan memberikan kesempatan kepada anak-anak TK untuk secara langsung mewawancarai beberapa warga binaan yang sedang bercocok tanam.

Usai wawancara, anak-anak TK juga diajari proses penanaman tanaman, mulai dari pembibitan, pengolahan tanah, persiapan bedeng, penanaman, pemupukan, pemeliharaan, pemanenan, dan pasca panen.





Sebelumnya, Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi telah menerima kunjungan dan menjadi media belajar dari beberapa TK di Kabupaten Alor.

Berkenaan dengan hal ini, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, dari tempat yang berbeda memberikan apresiasi atas kemanfaatan Kebun SAE warga binaan Lapas Kalabahi yang sangat luar biasa. (Humas_AN)
 

0 komentar:

Posting Komentar