Rabu, 08 November 2023

PIMPIN APEL PAGI, KALAPAS KALABAHI APRESIASI KINERJA OPERATOR P2HAM


Kalabahi, INFO_PAS – Bertempat di lapangan apel Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, memimpin apel pagi pegawai, Rabu (08/11). Bersamaan dengan momen tersebut, Yusup juga memberikan apresiasi berupa penyerahan Plakat Penghargaan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia (P2HAM) kepada Operator P2HAM Lapas Kalabahi, yakni Agnesius Naryanto dan Robert S. B. Asbanu.



Apresiasi diberikan kepada kedua petugas tersebut karena dianggap telah menunjukkan kinerja yang baik melalui kerja keras, dedikasi, dan loyalitas mereka dalam memenuhi data dukung P2HAM sehingga pada tanggal 06 November 2023 lalu, Lapas Kalabahi berhasil meraih Piagam dan Plakat Penghargaan P2HAM dari Menteri Hukum dan HAM, Yassona H. Laoly, sebagai satuan kerja berpredikat P2HAM 3 terbaik nasional dalam kategori Unit Pemasyarakatan.


Pada kesempatan yang sama, Yusup juga memberikan apresiasi berupa penyerahan piagam penghargaan P2HAM kepada para Pejabat Pengawas yang mendukung dan terlibat dalam pemenuhan data dukung P2HAM waktu lalu, yakni Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Tata Usaha (TU), Putu Perdana, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP), Saverinus A. Rengi, Kepala Seksi (Kasi) Administrasi Keamanan dan Ketertiban (Adm Kamtib), Yersriel K. I. Bana, dan Kepala Seksi Binadikgiatja, Muhammad Ridla Gorjie.



Dalam amanatnya, Yusup menyatakan, “Keberhasilan yang diraih Lapas Kalabahi saat ini merupakan keberhasilan yang sungguh luar biasa dan patut kita berikan apresiasi kepada para petugas dan pejabat yang mendukung terwujudnya P2HAM di Lapas Kalabahi. Kita harus terus berjuang bersama-sama untuk meraih banyak prestasi, karena pencapaian saat ini merupakan awal perjuangan kita untuk meraih pencapaian-pencapaian selanjutnya.”


Yusup juga meyakini bahwa walaupun ia hanya memberikan apresiasi kepada beberapa orang, prestasi yang diraih Lapas Kalabahi, tentunya menjadi prestasi seluruh pegawai, karena menurutnya, prestasi tersebut diperoleh atas dukungan yang besar dari seluruh pegawai. Namun, perannya yang berbeda-beda.



Sejalan dengan itu, Yusup juga menyampaikan bahwa prestasi yang diraih Lapas Kalabahi mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Oleh karena itu, ia berharap agar prestasi tersebut, dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi.


Selanjutnya, Yusup minta agar masing-masing pegawai dapat menunjukkan kinerja yang baik dalam melaksanakan tugas, dengan disiplin masuk dan keluar kantor, disiplin mengikuti apel, disiplin melaksanakan tugas tepat waktu dan sesuai target serta mampu membangun suasana yang harmonis dalam lingkungan kerja, yang dilandaskan dengan kekompakan.


“Saya harap kita semua dapat menjadi Aparatur Sipil Negara yang berintegritas dengan melaksanakan Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 20 Tahun 2017 tentang Kode Etik dan Kode Perilaku Pegawai Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pahami dan laksanakan aturan tersebut, niscaya kita semua akan aman dan nyaman dalam melaksanakan tugas,” harapnya.


Diakhir penyampaianya, Yusup kembali berharap agar seluruh pegawai dapat menyatukan langkah dan sikap dalam bertindak untuk meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Tahun 2024. “Lapas Kalabahi akan semakin bisa untuk meraih predikat WBK, karena predikat P2HAM sudah kita peroleh. Dengan semangat dan kekompakan kita, tahun depan Lapas Kalabahi pasti bisa meraih predikat WBK,” pungkas Yusup. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar