Rabu, 22 November 2023

OPTIMALKAN KINERJA PEGAWAI, LAPAS KALABAHI GELAR SOSIALISASI SISTEM KERJA JABATAN FUNGSIONAL PKP DAN PP

Kalabahi, INFO_PAS - Dalam meningkatkan pemahaman tentang sistem kerja dan jabatan  fungsional, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar sosialisasi tentang Sistem Kerja Jabatan Fungsional Pembina Keamanan Pemasyarakatan (PKP)  dan Jabatan Fungsional Pengamanan Pemasyarakatan (PP), Rabu (22/11).

 

Sosialisasi yang dilaksanakan di Lapas Kalabahi ini dipimpin secara langsung oleh Kepala Subbagian (Kasubbag) Tata Usaha (TU), Putu Perdana, didampingi oleh staf Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Hanif Taufiqul Hakim. Dan dihadiri oleh seluruh Regu Pengamanan (Rupam) 4.

 

Tujuan utama dari sosialisasi ini adalah memberikan pemahaman yang baik mengenai organisasi kepada para pegawai Lapas Kalabahi. Hal ini bertujuan agar mereka dapat memahami dengan lebih mendalam mengenai kelas jabatan, fungsi, dan mekanisme yang berlaku di dalam struktur organisasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

 

Putu, dalam penyampaiannya, menjelaskan secara rinci konsep Jabatan Fungsional, Jabatan Struktural, PKP, dan PP. Ia membahas setiap tingkatan jabatan mulai dari unit eselon 1 hingga tingkat Pelaksana. Pemaparannya tidak hanya sekadar definisi, tetapi juga mencakup sistem kerja dan kedudukan dari setiap jabatan yang telah dijelaskan di awal.

 

"Keterkaitan antarjabatan dalam Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia sangat penting untuk dipahami. Dengan memahami peran masing-masing jabatan, pegawai dapat bekerja lebih terarah dan efektif," ujar Putu.

 

Menanggapi sosialisasi tersebut, Yusup Gunawan, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, menyatakan bahwa kegiatan ini memiliki relevansi yang tinggi. "Sosialisasi ini merupakan hal yang sangat penting bagi kemajuan organisasi. Dengan mengetahui sistem kerja, kelas jabatan, dan fungsinya, para pegawai diharapkan dapat bekerja secara terarah demi mencapai tujuan organisasi," ungkap Yusup.

 

Yusup menekankan bahwa pemahaman yang baik terhadap struktur organisasi dan tugas masing-masing jabatan akan membantu meningkatkan sinergi di antara pegawai Lapas Kalabahi. "Ketika setiap individu memahami perannya, kami yakin akan ada peningkatan kinerja dan pencapaian tujuan bersama," tambahnya.

 

Sosialisasi ini juga menjadi atensi dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Marciana dalam banyak kesempatan selalu mengingatkan para pegawai untuk lebih memahami sistem kerja dan kelas jabatan dalam organisasi.

 

Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang baik kepada para pegawai, sehingga mereka dapat mengaplikasikan pengetahuan tersebut dalam tugas sehari-hari. Dengan demikian, Lapas Kalabahi optimis dapat meningkatkan kualitas kinerja dan mencapai tujuan organisasi dengan lebih efektif. (Humas_AF) 

0 komentar:

Posting Komentar