Kamis, 30 November 2023

KALAPAS KALABAHI RESMI MENUTUP DIKLAT MINI WARGA BINAAN BERSAMA PPMT SOE YANG PENUH INSPIRASI


Kalabahi, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, secara resmi menutup rangkaian kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Mini bersama Pelatihan Misi Terpadu (PPMT) Soe di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kalabahi, Kamis (30/11). Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tanggal 28 hingga 30 November 2023.

 

Dalam kurun waktu tersebut, para pemateri yang berasal dari tim PPMT Soe dengan cermat menyajikan materi yang kompleks kepada para warga binaan dan pegawai Lapas Kalabahi. Materi yang diberikan melibatkan aspek pertanian, peternakan, pembuatan Virgin Coconut Oil (VOC), pembuatan Probiotik Herbal dan jus ternak, teknologi pangan, hingga proses pembuatan pupuk organik.

 

Tidak hanya terpaku pada aspek teoritis, tim PPMT Soe juga memastikan partisipan Diklat Mini merasakan pengalaman langsung melalui sesi praktek. Selain itu, penekanan pada keterampilan pemasaran diberikan sebagai modal berharga bagi para warga binaan untuk diterapkan dalam kehidupan mereka saat sudah selesai menjalankan masa hukuman.

 

Pada penutupan kegiatan, Yusup menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasinya yang besar kepada tim PPMT Soe. "Terima kasih kepada Pusat Pelatihan Misi Terpadu Soe yang telah dengan penuh dedikasi menyampaikan ilmu yang sangat bermanfaat kepada para warga binaan kami, kami berharap bapak bapak sekalian kiranya tidak mengambil hati jika ada hal hal yang tidak mengenakan selama proses pelatihan. semoga ilmu ini mampu kami semua terapkan di dalam Lapas maupun bekal bagi kita saat berada di luar," ujar Yusup.

 

Dalam kesempatan yang sama, Yusup juga mengungkapkan harapannya agar kerja sama ini dapat terus berlanjut di tahun-tahun mendatang. "Kami berharap kerja sama yang erat ini dapat terus ditingkatkan di masa depan, sehingga manfaatnya dapat dirasakan secara luas oleh seluruh warga binaan," tambahnya.

 

Salah seorang perwakilan warga binaan  berinisial "O, yang diberikan kesempatan untuk menyampailan kesan dan pesan selama pelatihan dilaksanakan menyatakan. "Pelatihan ini memberikan manfaat besar bagi kami. Selain peningkatan pengetahuan, juga membangkitkan semangat berwirausaha dalam diri saya untuk menerapkan ilmu yang telah kami peroleh," ungkap "O."

 

Kegiatan Diklat Mini ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan untuk melaksanakan tugas pembinaan kepada para warga binaan dengan memberikan pelatihan yang dapat menjadikan bekal bagi mereka saat selesai menjalani masa hukuman.

Pada akhir kegiatan, Kalapas Kalabahi menyerahkan cendera mata kepada 3 orang pemateri dari tim PPMT Soe, dilanjutkan dengan foto bersama seluruh peserta baik pegawai maupun warga binaan yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Dengan semangat positif tersebut, Lapas Kalabahi dengan tegas menyatakan komitmennya untuk terus menjalin sinergi dengan pihak eksternal yang memberikan kontribusi besar. Langkah ini diharapkan tidak hanya memberikan dampak positif bagi para warga binaan, melainkan juga untuk kemajuan Lapas Kalabahi itu sendiri. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar