Kamis, 30 November 2023

PENGELOLA KEHUMASAN LAPAS KALABAHI ANTUSIAS IKUTI PEMBINAAN DAN PENGUATAN FUNGSI HUMAS BERSAMA BIRO HUKERMA SETJEN KEMENKUMHAM

 

Kalabahi, INFO_PAS - Pengelola Kehumasan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi, diantaranya Agnesius Naryanto, Mauludin Hamzah, Marisa D. L. de Fretes, Arif Firmansyah Da Costa, dan Alvin N. Prabowo, antusias mengikuti kegiatan pembinaan dan penguatan fungsi Humas (Hubungan Masyarakat) bersama Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama (Hukerma) Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia, Kamis (30/11).

 

Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual zoom, dan berpusat di Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas II TPI Labuan Bajo. Kegiatan ini turut dihadiri oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, bersama Kepala Subbagian Tata Usaha, Putu Perdana, selaku pembina kehumasan dan protokoler Lapas Kalabahi.

 

Dalam kesempatan ini, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menanggapi bahwa kegiatan pembinaan dan penguatan fungsi Humas harus selalu dilaksanakan, karena melalui kegiatan tersebut akan menyatukan persepsi masing-masing pengelola kehumasan dalam melaksanakan tugas di bidang kehumasan.

 

"Penyatuan persepsi dalam pelaksanaan tugas kehumasan sangat diperlukan agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan. Selain itu, pelaksanaan tugas kehumasan juga akan semakin berkualitas, karena pemberitaan berbagai kegiatan yang dilaksanakan di satuan kerja disusun dengan baik sesuai dengan kaidah pemberitaan jurnalis," ujar Yusup.

 


Yusup juga menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini akan menambah wawasan dan membangkitkan semangat kerja Pengelola Kehumasan walaupun secara khusus di Lapas, Pengelola Kehumasan melaksanakan tugas kehumasan sebagai tugas tambahan, karena belum memiliki subseksi khusus yang menaungi tugas kehumasan.

 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Nusa Tenggara Timur (NTT), yang turut hadir membuka kegiatan tersebut secara virtual menyampaikan bahwa peran Humas dalam sebuah organisasi atau instansi sangat diperlukan, karena Humas merupakan corong publik yang berperan aktif memberikan informasi positif dalam rangka meningkatkan citra positif organisasi.

 

"Penyelenggaraan pemerintahan saat ini harus berada pada dimensi keterbukaan, sehingga perlu peran humas untuk melaksanakannya agar dapat meningkatkan kepercayaan publik terhadap penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia, khususnya di lingkungan Kemenkumham, Kantor Wilayah, dan Unit Pelaksana Teknis," jelas Marciana.

 

Marciana berharap agar Humas harus menjadi aktor kunci untuk membangun kerja sama dan jejaring dengan pihak eksternal atau stakeholder.

 

Di sisi lain, Kepala Biro (Karo) Hukerma, Hantor Situmorang, yang pada kesempatan ini menyampaikan paparan terkait pembinaan dan penguatan fungsi Hukerma, dalam sambutannya berpesan agar Pengelola Kehumasan masing-masing satuan kerja Kemenkumham harus cepat dalam memberikan informasi yang positif dan sesuai dengan hari pelaksanaan kegiatan.

 


"Pemberitaan harus menarik perhatian publik. Pengelola Kehumasan harus mampu mengemas berita dengan baik sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang dikerjakan bersifat positif, harus diberitakan positif serta tidak mengandung unsur negatif," harap Hantor.

 

Kegiatan yang berlangsung khidmat ini, dilanjutkan dengan penguatan fungsi Hukerma, SIPPN, dan LAPOR oleh Tim Biro Hukerma, serta pemaparan materi kehumasan oleh Pimpinan Redaksi Tribunnews Kupang. Kegiatan diakhiri dengan diskusi dan tanya jawab yang begitu hangat. (Humas_AN)



 

0 komentar:

Posting Komentar