Rabu, 02 Oktober 2024

Jajaran Perawatan Lapas Kalabahi Ikuti Kegiatan Webinar Penanganan Masalah dan Gangguan Kejiwaan di UPT Pemasyarakatan secara Virtual


Kalabahi, INFO_PAS - Jajaran Perawatan Lapas Kelas IIB Kalabahi mengikuti kegiatan Webinar Penanganan Masalah dan Gangguan Kejiwaan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan secara virtual yang bertempat di Aula Lapas Kalabahi pada hari Rabu (02/10).

 

Pelaksanaan webinar ini disambut baik oleh Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, yang beranggapan bahwa Petugas Pemasyarakatan perlu memilki pemahaman akan pentingnya masalah dan gangguan jiwa yang dapat dialami oleh Warga Binaan beserta cara penanganannya.

 

Pelaksanaan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) dengan Central For Dentention (CDS) serta atas dukungan Pemerintah Australia melalui Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2).

 

Di awal kegiatan, Direktur Perawatan Kesehatan dan Rehabilitasi Ditjenpas, Maulidi Hilal, menyampaikan sambutan serta terimakasih atas partisipasi seluruh peserta maupun narasumber yang hadir dalam kegiatan ini.

 

Dalam momen tersebut, Maulidi juga menambahkan, "Warga Binaan merupakan orang yang rentan sekali terkena gangguan jiwa diakibatkan stress yang dialami karena mendekam di penjara dalam waktu yang cukup lama. Jadi tugas kita sebagai Petugas Pemasyarakatan untuk mendampingi dan memberikan bantuan kepada mereka agar kesehatan mental dan jiwa mereka dapat terjaga selama di menjalani masa pidana."

 

Menaggapi kegiatan webinar tersebut, Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, memberikan atensi khusus atas permasalahan atapun gangguan jiwa yang dialami Warga Binaan agar dapat dicegah dan ditangani dengan cara yang humanis. (Humas_FW)

0 komentar:

Posting Komentar