Jumat, 10 Maret 2023

500 EKOR BENIH IKAN NILA DITABUR KE KOLAM IKAN MILIK LAPAS KALABAHI



Kalabahi_Jumat (10/03/23) Sebanyak 500 ekor benih ikan nila ditabur ke kolam ikan milik Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi yang seluas 250 m2 dan terletak tepat di samping kanan Lapas.

Demikian disampaikan Plh. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Putu Perdana didampingi Kasi Adm. Kamtib, Yesriel K. I. Bana dan Kasubsi Kegiatan Kerja, Abdurrahman Haryono kepada Humas Lapas Kalabahi sesaat setelah penaburan benih ikan selesai.

Menurut Putu, benih ikan nila yang ditabur ke kolam ikan yang telah disediakan pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dan warga binaan beberapa waktu lalu itu merupakan bantuan Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor.

"Atas nama Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi dan jajaran, saya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan beserta jajaran yang telah membantu kami mengadakan benih ikan nila untuk keberlangsungan pelaksanaan pembinaan kemandirian bagi warga binaan kami di bidang perikanan. Tentunya hal ini akan sangat membantu kami untuk menyelenggarakan pembinaan kemandirian bagi warga binaan juga membantu menyediakan ikan nila bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Alor," ujar Putu.




Lebih lanjut, Putu menjelaskan bahwa benih ikan nila yang ditabur ke kolam ikan tersebut memiliki bobot sekitar 10-20 gram yang menurut prediksinya dalam waktu 4-6 bulan sudah dapat dipanen.

"Dalam waktu 4-6 bulan, ikan nila ini sudah dapat dipanen. Untuk mempercepatnya, nanti kami akan menyediakan pakan organik dan anorganik yang diberikan 3 kali sehari, yakni pagi, siang, dan sore," tuturnya.

Diakhir penyampaiannya, Putu berharap agar para petugas yang melaksanakan pengawalan terhadap warga binaan yang bekerja di kolam ikan dapat melaksanakan tugas dengan baik serta selalu mengarahkan warga binaan untuk memeriksa kondisi dan ketersediaan pakannya karena menurutnya kolam yang telah ditabur benih harus terus dijaga, diawasi, dan dirawat.


 

0 komentar:

Posting Komentar