Senin, 20 Maret 2023

GELORAKAN HBP KE-59, LAPAS KALABAHI GANDENG PMI CABANG ALOR GELAR KEGIATAN DONOR DARAH




Kalabahi_Senin (20/03/23) Dalam semangat pengabdian menggelorakan Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023 yang puncaknya jatuh pada tanggal 27 April 2023, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi gandeng Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Alor menggelar kegiatan donor darah. Donor darah dilakukan terhadap seluruh pegawai yang memenuhi syarat untuk didonor.


Kegiatan donor darah ini dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia. Lapas Kelas IIB Kalabahi melaksanakannya tepat di Aula Kantor.


Selaku keynote speaker, Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan terimakasih kepada pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Alor yang telah bersedia meluangkan waktu untuk turut berkontribusi mendukung kegiatan donor darah dalam menggelorakan HBP ke-59.


Yusup juga menyampaikan kepada seluruh pegawai bahwa kegiatan donor darah selain untuk menggelorakan HBP ke-59, juga sebagai momen untuk seluruh pegawai memberikan bantuan kemanusiaan kepada orang-orang yang membutuhkan.





"Selain untuk menggelorakan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 Tahun ini, kegiatan donor darah ini merupakan momen untuk kita semua dapat memberikan bantuan kemanusiaan kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan bantuan darah. Khusus untuk seluruh pegawai yang masih muda dan memiliki kesehatan fisik yang baik agar wajib mengikuti kegiatan donor darah ini," ujarnya.


Tidak hanya itu, Yusup juga menjelaskan bahwa donor darah selain bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkan banyak darah karena mengalami kedaruratan masalah kesehatan, juga menurutnya sangat bermanfaat bagi tubuh pendonor.


"Berdasarkan artikel kesehatan dari Kemenkes RI, ada 3 manfaat donor darah bagi tubuh pendonor, yakni dapat mendeteksi penyakit serius, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan pembuluh darah, dan membantu menurunkan berat badan," jelas Yusup.


Diakhir penyampaiannya, Yusup berharap agar pelaksanaan kegiatan donor darah di Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat berjalan dengan lancar karena menurutnya kegiatan tersebut telah menjadi atensi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard S. P. Silitonga dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone.








 

0 komentar:

Posting Komentar