Selasa, 07 Maret 2023

LAPAS KALABAHI GANDENG BRI CABANG KALABAHI GELAR SOSIALISASI BUDAYA PELAYANAN PRIMA BAGI SELURUH PEGAWAI




Kalabahi_Selasa (07/03/23) Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat penggunan layanan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Kalabahi menggelar Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima bagi seluruh pegawai terutama Operator Layanan Kunjungan, Satgas P2U, Kepala Regu Pengamanan dan beberapa petugas layanan lainnya.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi sosialisasi oleh Sandi Ayadhi selaku Asisten Manajer Operasional Kantor Cabang BRI Kalabahi.

Dalam sambutannya, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas layanan yang berikan oleh para Petugas Lapas Kelas IIB Kalabahi kepada seluruh pengunjung atau masyarakat pengguna layanan.

"Kami berharap dengan dilaksanakannya Sosialisasi Budaya Pelayanan Prima kepada Petugas Lapas Kalabahi, dapat meningkatkan kualitas layanan yang diberikan kepada para pengguna layanan, sehingga mereka merasa puas dan nyaman," ujar Yusup.

Lebih lanjut, Yusup mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi tersebut mendapat dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone dan akan dilaksanakan secara periodik setiap 3 bulan sekali untuk menanamkan nilai-nilai pelayanan publik kepada seluruh Petugas Lapas Kelas IIB Kalabahi sesuai dengan harapan pemerintah terlebih masyarakat sebagai pengguna layanan publik.

"Sosialisasi seperti ini tidak hanya dilaksanakan sekali saja tetapi musti secara terus menerus, sehingga semakin paham dan terus diingat," jelasnya.

Usai penyampaiannya, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Asisten Manajer Operasional Kantor Cabang BRI Kalabahi, Sandi Ayadhi.




Dalam paparannya, Sandi menjelaskan tentang perbedaan pelayanan pada sektor publik dan sektor bisnis serta kelemahan pelayanan publik.

Menurutnya, kelemahan pelayanan publik, yakni sulit untuk mengukur output maupun kualitas pelayanannya serta petugas layanannya selalu berpikir bahwa seburuk apapun kinerja pelayanan yang diberikan kepada pengguna layanan, pemerintah tidak akan pernah bangkrut dan gaji pegawai terus dibayarkan secara rutin.

Selanjutnya, Sandi menerangkan bahwa pelayanan prima adalah pelayanan yang terbaik dan melampaui harapan dan kebutuhan pelanggan. Artinya pelayanan yang diberikan pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi kepada masyarakat pengguna layanan harus melampaui harapan dan kebutuhan mereka.

"Ada 3 poin penting yang harus diperhatikan saudara-saudara dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pengguna layanan, yakni People, Proses, dan Premises," tutur Sandi.

Terkait poin "People", Sandi menyampaikan bahwa pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi wajib memberikan pelayanan kepada masyarakat pengguna layanan dengan berpenampilan menarik, bersikap komunikatif, dan mempunyai skill yang luar biasa.

"Penampilan saudara-saudara mencerminkan citra diri dan instansi, mencerminkan kepribadian, dan mencerminkan percaya diri. Dengan demikian, pengguna layanan akan lebih percaya kepada saudara-saudara. Begitu juga dengan sikap. Saudara-saudara harus mampu berkomunikasi dengan pengguna layanan menggunakan kata-kata yang sopan dan santun dibarengi dengan intonasi dan bahasa tubuh yang mendukung penyampaian saudara-saudara terhadap mereka. Skill saudara-saudara juga sangat penting ketika berhadapan dengan pengguna layanan. Saudara-saudara harus mampu menyediakan informasi kepada publik dengan prosedur yang sederhana dan mampu menciptakan kepercayaan timbal balik antara saudara-saudara sebagai Pegawai Lapas dengan masyarakat pengguna layanan," jelasnya.

Sandi menuturkan bahwa penampilan petugas layanan di Bank Rakyat Indonesia mempunyai standar yang jelas dan dapat diadopsi oleh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi disesuaikan dengan ketentuan dan aturan yang berlaku di Lapas.

Terkait poin "Proses", Sandi berharap agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan memperhatikan faktor kecepatan, ketepatan, keakuratan, dan keamanan.

"Selain poin People dan Proses, Premises juga sangat berperan penting dalam memberikan pelayanan yang prima kepada pengguna layanan. Premises terkait dengan kebersihan, kenyamanan, dan tampilan gedung. Saya melihat Lapas Kalabahi ini sangat bersih dan nyaman bagi pengguna layanan karena didukung dengan tampilan depan kantor, halaman kantor, sampai pada bagian dalam kantor yang sangat asri atau enak dipandang mata," tandas Sandi.

Diakhir paparannya, Sandi berharap agar pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat memberikan pelayanan kepada publik dengan sebaik mungkin. Dengan demikian, menurutnya publik akan terkontaminasi dengan budaya pelayanan yang baik yang dilaksanakan di Lapas Kelas IIB Kalabahi.


 

0 komentar:

Posting Komentar