Jumat, 17 Maret 2023

SONGSONG HBP KE-59, LAPAS KALABAHI GANDENG TNI KODIM 1622/ALOR GELAR KEGIATAN PEMASYARAKATAN BERSIH-BERSIH




Kalabahi_Jumat (17/03/23) Dalam rangka menyongsong Hari Bakti Pemasyarakatan (HBP) ke-59 Tahun 2023 yang nantinya jatuh pada tanggal 27 April 2023, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi gandeng TNI Kodim 1622/Alor menggelar kegiatan Pemasyarakatan Bersih-bersih.

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Plh. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Putu Perdana dan diikuti oleh seluruh pegawai serta beberapa Anggota TNI Kodim 1622/Alor.

Mengawali kegiatan, Plh. Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Putu Perdana dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih merupakan salah satu kegiatan berbentuk razia bersama dari sekian banyak kegiatan Hari Bakti Pemasyarakatan ke-59 yang bertujuan untuk menjaga situasi aman dan tertib di dalam Lapas serta untuk menjaga kebersihan kamar hunian dan lingkungan kantor di Bulan Ramadan 1444 Hijriah.

Putu juga menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi atensi Direktur Jenderal Pemasyarakatan, Reynhard S. P. Silitonga dan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone. Dalam pelaksanaannya, tidak hanya melakukan razia atau penggeledahan dalam blok dan kamar hunian warga binaan, tetapi juga melakukan pembersihan Taman Makam Pahlawan (TMP) Malua Galiau Kabupaten Alor.




"Sesuai arahan Bapak Kalapas Kalabahi bahwa hari ini kita bersama saudara-saudara Anggota TNI Kodim 1622/Alor akan melaksanakan razia bersama di dalam blok dan kamar hunian warga binaan. Selanjutnya kita akan bersama-sama membersihkan lingkungan kantor dan Taman Makam Pahlawan Malua Galiau. Mohon partisipasi dan kerjasamanya untuk menyukseskan kegiatan ini," ujar Putu.

Diakhir penyampaiannya, Putu menyampaikan terimakasih kepada beberapa Anggota TNI Kodim 1622/Alor yang mengikuti kegiatan karena telah meluangkan waktu dan tenaga untuk bersama-sama Lapas Kelas IIB Kalabahi melaksanakan kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih.

Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan razia bersama yang dipimpin oleh Kepala Seksi Administrasi Keamanan dan Ketertiban, Yesriel K. I. Bana.

Petugas menyusuri seluruh blok dan kamar-kamar hunian serta menggeledah warga binaan bersama barang-barang milik mereka.

Usai razia, Kasi Adm Kamtib, Yesriel K. I. Bana menyampaikan bahwa barang-barang yang ditemukan saat penggeledahan, yakni cermin, ballpoint, silet, pingset, sendok besi, pemantik gas, ikat pinggang, potongan kayu, dan kaleng bekas.

"Hasil razia atau geledah hari ini, tim tidak menemukan barang-barang terlarang seperti narkoba dan handphone. Namun, barang-barang seperti cermin dan lain-lain juga bisa berpotensi menimbulkan gangguan keamanan dan ketertiban dalam Lapas, sehingga barang-barang tersebut langsung kami musnahkan," jelas Yesriel kepada Humas Lapas Kalabahi.

Setelah berakhir kegiatan razia, seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi  bersama beberapa warga binaan dan Anggota TNI Kodim 1622/Alor melanjutkan kegiatan Pemasyarakatan Bersih-Bersih dengan membersihkan Taman Makam Pahlawan Malua Galiau Kabupaten Alor.














0 komentar:

Posting Komentar