Selasa, 28 Maret 2023

PIMPIN APEL PAGI, PLT. KADIV ADMINITRASI BERI PENGUATAN PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS KEPADA PEGAWAI LAPAS KALABAHI




Kalabahi_Selasa (28/03/23) Plt. Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham NTT, Muhammad Wahab Marawali memimpin apel pagi dan memberikan penguatan tentang Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) kepada seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Apel pagi ini turut diikuti oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham NTT (HRBTI), Dian L. R. Lenggu, Para Pejabat Struktural Eselon IV dan Eselon V Lapas Kelas IIB Kalabahi serta Staf Pelaksana.

Dalam amanatnya, Plt. Kadiv Adminitrasi Kanwil Kemenkumham NTT, Muhammad Wahab Marawali menyampaikan bahwa Lapas Kelas IIB Kalabahi merupakan salah satu Satuan Kerja dari beberapa Satuan Kerja di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT yang diusulkan untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM pada Tahun 2023.

Oleh karena itu, Wahab berharap agar jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat bekerja maksimal dalam memenuhi data dukung yang akan menjadi bahan penilaian Tim Penilai Internal (TPI) dan Tim Penilai Nasional (TPN) untuk meraih predikat WBK ditahun ini.

"Saya melihat bahwa Lapas Kalabahi saat ini sedang berbenah untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi. Tentunya, capaian ini tidak bisa dicapai, jika seluruh pegawai tidak mendukung dan tidak bahu membahu untuk mewujudkannya.
Contoh paling kecil, yakni meningkatkan kinerja kita dalam rangka pelaksanaan tugas kita. Dengan meningkatkan kinerja kita dalam tugas-tugas kita, kita akan mampu meraih predikat WBK," ujar Wahab.



Wahab juga menyampaikan bahwa secara garis besar ia melihat Lapas Kelas IIB Kalabahi sangat layak untuk meraih predikat WBK karena menurutnya Lapas Kelas IIB Kalabahi terlihat sangat bersih dan asri, fasilitas pelayanan publiknya lengkap, mempunyai Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) bagi warga binaan, serta seluruh informasi terkait pelayanan yang diberikan kepada warga binaan dan masyarakat dapat diakses dengan mudah melalui banner-banner yang telah terpasang dengan baik dan teratur.

Lebih lanjut, Wahab mengimbau agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat melaksanakan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dalam pelaksanaan tugas, pokok, dan fungsi di Bidang Pemasyarakatan.

"Dalam Pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM saat ini, kita semua dituntut agar dapat memanfaatkan fasilitas elektronik berupa aplikasi yang disediakan oleh Kementerian Hukum dan HAM dalam melaksanakan tugas, pokok, dan fungsi. Mohon agar pemanfaatan  aplikasi SIMPEG, aplikasi SDP, aplikasi SIPPN, aplikasi Sisumaker, aplikasi SAKTI, aplikasi GIATJASI, aplikasi SERAYA, aplikasi e-arsip, aplikasi e-performance, aplikasi SIPIDU dan aplikasi lainnya dapat ditingkatkan lagi," imbaunya.

Menurut Wahab, seluruh aplikasi yang telah disediakan oleh instansi induk Kemenkumham sangat bermanfaat untuk memperlancar proses pelaksanaan tugas, pokok, dan fungsi.

Selanjutnya, Wahab mengajak seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi agar dapat menyelesaikan target kinerja pada Triwulan I Tahun 2023.

"Sebentar lagi kita akan memasuki Triwulan II dalam pelaksanaan Tahun Anggaran 2023. Itu artinya kita akan memasuki pertengahan Tahun 2023. Mari kita bersama-sama untuk menyelesaikan target kinerja pada Triwulan I tahun ini. Semuanya itu akan berdampak pada peningkatan kinerja perorangan yang akan mendukung peningkatan kinerja organisasi," tuturnya.

Diakhir amanatnya, Wahap berharap agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat meningkatkan kedisiplinan dalam pelaksanaan tugas.

"Disiplin merupakan salah satu unsur paling menunjang kepedulian kita terhadap lingkungan kerja kita. Ini sangat penting, sehingga apa yang dikatakan melayani dengan hati yang selalu di suarakan Kakanwil Kemenkumham NTT, Ibu Maciana D. Jone segera terlaksanakan," pungkas Wahab.

Usai apel pagi, Plt. Kadiv Administrasi Kanwil Kemenkumham NTT didampingi Kalapas Kalabahi memantau seluruh fasilitas layanan publik yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi mulai dari loket layanan terpadu, Pos Yankomas dan Pos Bakum, ruang kunjungan, ruang laktasi, Warung Telepon Khusus Pemasyarakatan (Wartelsuspas), taman bermain anak, taman bacaan/perpustakaan, dapur, sampai pada blok hunian.

Tidak hanya itu, Plt. Kadiv Administrasi juga memantau Sarana Asimilasi dan Edukasi warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi berbasis agrowisata yang terdiri dari pertanian, kolam ikan lele/nila, dan bengkel kerja. (Humas_AN)












 

0 komentar:

Posting Komentar