Selasa, 21 Maret 2023

BERSAMA DISTANBUN KABUPATEN ALOR, LAPAS KALABAHI GELAR PENANAMAN ANAKAN PEPAYA CALIFORNIA




Kalabahi_Selasa(21/03/23) Bersama Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Alor, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi menggelar penanaman anakan pepaya california di Sarana Asimilasi dan Edukasi kebun dinas Kadelang.

Anakan pepaya california tersebut sebanyak 50 anakan yang diperoleh Lapas Kelas IIB Kalabahi dari Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan bersama seluruh pegawai, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Distanbun Kabupaten Alor, Ponciano Correia, serta perwakilan Anggota TNI Kodim 1622/Alor dan perwakilan Anggota Polres Alor.

Mereka secara bersama-sama menanam pepaya california ke dalam lubang yang telah disediakan dengan jarak antar lubang sepanjang 2 meter. Proses pelaksanaannya juga dibantu oleh warga binaan asimilasi yang bekerja di kebun dinas Kadelang.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan setelah selesai menanam pepaya california menyampaikan terimakasih kepada Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor bersama Penyuluh Pertanian Lapangan yang menurutnya telah banyak memberikan bantuan tenaga dan pikiran serta telah memberikan bantuan anakan pepaya california sebagai wujud kepedulian Distanbun Kabupaten Alor terhadap proses pembinaan kemandirian bagi warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi.



"Atas nama seluruh jajaran Lapas Kalabahi saya sampaikan terimakasih kepada Bapak Kadistanbun Kabupaten Alor dan seluruh jajaran atas bantuan tenaga dan pikiran yang sudah diberikan selama ini termasuk anakan pepaya california. Harapan saya, semoga kerjasama ini terus terjalin dengan baik agar kita dapat saling membantu dan bertukar pikiran atau saling menopang untuk melaksanakan pembinaan kemandirian yang maksimal terhadap warga binaan Lapas Kalabahi," ujar Yusup.

Bukan hanya itu, Yusup juga menyampaikan terimakasih kepada perwakilan Anggota TNI Kodim 1622/Alor dan Perwakilan Anggota Polres Alor yang telah bersama-sama pihaknya menanam bersama anakan pepaya california.

Selanjutnya, kepada Petugas Kegiatan Kerja yang mengawal dan mengawasi warga binaan asimilasi yang bekerja di kebun dinas Kadelang, Yusup berharap agar mereka dapat memberikan arahan kepada warga binaan untuk selalu dapat merawat pepaya california yang sudah ditanam serta tanaman lain yang berada di dalam kebun.

"Pepaya california kalau dirawat dengan baik, maka dalam waktu 6 bulan ke depan kita sudah dapat memanennya dan menikmati hasilnya," jelas Yusup.

Diakhir penyampaiannya, Yusup menyampaikan bahwa Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone sangat mendukung kegiatan tersebut karena menurutnya hal tersebut sejalan dengan harapan Kakanwil Kemenkumham NTT untuk selalu membangun kerja sama dengan seluruh komponen Pemerintah Daerah dalam pelaksanaan tugas, pokok, dan fungsi di bidang pemasyarakatan.

Di sisi lain, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Alor, Yustus Dopong Abora juga menyampaikan terimakasih kepada Kalapas Kalabahi yang menurutnya telah banyak membantu program Distanbun Kabupaten Alor dalam memberdayakan masyarakat Kabupaten Alor secara khusus warga binaan untuk dapat bercocok tanam.

"Gebrakan Bapak Kalapas Kalabahi sungguh luar biasa dan tentunya kami bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Alor akan terus mendukung program pembinaan kemandirian warga binaan yang sudah bapak lakukan di bidang pertanian. Hal ini sejalan dengan program Bupati Alor, yakni Alor Kenyang, Alor Sehat, dan Alor Pintar. Semoga kerjasama yang sudah terjalin selama ini terus dipupuk dan membuahkan hasil bagi pembangunan daerah Kabupaten Alor ini menjadi lebih baik," pungkas Yustus.






 

0 komentar:

Posting Komentar