Selasa, 28 Maret 2023

KASUBBAG HRBTI KANWIL NTT BERI PENGUATAN KEHUMASAN DAN PROTOKOLER KEPADA PEGAWAI LAPAS KALABAHI


Kalabahi_Selasa (28/03/23) Kepala Sub Bagian Hubungan Masyarakat, Reformasi Birokrasi dan Teknologi Informasi (HRBTI) Kanwil Kemenkumham NTT, Dian L. R. Lenggu beserta 2 orang Staf Pelaksana, Ditta R. D. Lestari dan Ryan Sahertian atas arahan Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone memberikan penguatan tentang kehumasan dan protokoler kepada pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Lapas Kelas IIB Kalabahi dan dihadiri oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Putu Perdana selaku Koordinator Humas dan Protokoler Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Selaku keynote speaker, Kasubbag Tata Usaha, Putu Perdana yang saat itu mewakili Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan bahwa kegiatan penguatan tentang kehumasan dan prokoler oleh Kasubbag HRBTI sangat penting bagi pegawai terutama Tim Humas dan Protokoler yang telah dibentuk di Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Menurutnya, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan langsung di Lapas Kelas IIB Kalabahi karena sebelumnya kegiatan penguatan kehumasan dan protokoler hanya dilaksanakan secara virtual.

"Momen penguatan tentang kehumasan dan protokoler adalah momen yang sangat berharga dan selalu diharapkan oleh kami jajaran Lapas Kalabahi terutama oleh Tim Humas dan Protokoler yang telah kami bentuk di sini. Mohon agar Tim Humas dan Protokoler dapat menyimaknya dengan baik serta aktif bertanya apabila ada hal-hal yang tidak dipahami, sehingga dapat lebih paham dalam pelaksanakan tugas dan fungsi sebagai Humas dan Protokoler," pungkas Putu.



Selanjutnya, Kasubbag HRBTI Kanwil Kemenkumham NTT, Dian L. R. Lenggu dalam penguatannya menyampaikan bahwa tugas dan fungsi Humas bukan hanya sekedar melaksanakan dokumentasi saja, tetapi lebih dari itu, Humas memiliki peranan yang penting dalam instansi, yakni untuk memberitakan seluruh kegiatan yang dilaksanakan dalam satu instansi serta membangun hubungan kerjasama atau koordinasi lintas sektor maupun antar sesama.

“Dalam suatu organisasi, Humas memegang peranan penting karena tanpa humas sebuah organisasi tidak bisa dimenangkan. Maksudnya adalah Humas tidak memenangkan pertempuran, tetapi tanpa Humas pertempuran tidak dapat dimenangkan,” ujar Dian.

Lebih lanjut, Dian mengatakan bahwa Humas harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik antar sesama, jajaran, maupun stakeholder lain.

"Humas harus mampu menjadi corong informasi dari internal menuju eksternal serta mampu mengangkat citra positif suatu instansi. Humas merupakan garda terdepan atau ujung tombak dan cerminan suatu organisasi karena melalui Humas, masyarakat dapat mengetahui suatu organisasi berjalan baik atau tidak," jelasnya.

Terkait Protokoler, Dian menjelaskan bahwa tugas dan fungsi Protokoler adalah untuk menyiapkan dan mengatur proses pelaksanaan kegiatan mulai dari awal pelaksanaan kegiatan sampai pada akhirnya.

Kata Dian, Protokoler harus mampu berkoordinasi dengan pihak eksternal yang akan menjadi tamu undangan dan menguasai rundown suatu acara mulai dari penyambutan tamu undangan, posisi duduk tamu undangan, pembukaan, pelaksanaan, penutupan sampai pada evaluasi.

"Protokoler harus selalu siap siaga dan mampu menyusun susunan acara secara baik dan benar sesuai dengan tema acaranya. Protokoler juga berfungsi untuk menyiapkan dan mengamankan peralatan acara dengan baik dan benar. Kurang lebih sama seperti event organizer," tandasnya.

Diakhir penyampaiannya, Dian berharap agar orang-orang muda yang ada di Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat menjadi motor penggerak atau agen perubahan yang mampu memberikan kontribusi positif bagi pelaksanaan tugas, pokok, dan fungsi sebagai Petugas Pemasyarakatan. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar