Jumat, 31 Maret 2023

TINGKATKAN SARANA PEMBINAAN BAGI NARAPIDANA, LAPAS KALABAHI BANGUN TAMAN DAN GAZEBO SAMPING LAPAS



Kalabahi_Jumat (31/03/23) Dalam rangka meningkatkan sarana pembinaan kemandirian bagi narapidana, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi membangun taman dan gazebo yang terletak tepat di samping kanan Lapas.

Demikian disampaikan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan saat ditemui Humas Lapas Kalabahi di lokasi pembangunan taman dan gazebo.

Menurut Yusup, pembangunan taman dan gazebo di samping Lapas Kelas IIB Kalabahi bertujuan untuk meningkatkan sarana pembinaan kemandirian bagi narapidana yang melaksanakan asimilasi di luar tembok Lapas.

"Taman dan gazebo ini kami bangun untuk meningkatkan sarana pembinaan kemandirian bagi narapidana yang melaksanakan asimilasi kerja di luar tembok Lapas. Dengan adanya taman dan gazebo ini dapat mengasa keterampilan narapidana untuk bercocok tanam sambil membudidayakan ikan nila dan ikan lele karena di dalam taman tersedia lahan kecil untuk mereka bercocok tanam dan di sampingnya tersedia kolam ikan seluas 250 m2 untuk budidaya ikan nila dan ikan lele. Sementara, gazebo tempat untuk mereka beristrahat sejenak setelah lelah bekerja," ujar Yusup.



Lebih lanjut, Yusup juga menyampaikan bahwa taman dan gazebo yang dibangunnya bersama jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi memiliki 2 manfaat sekaligus.

"Taman dan gazebo ini memiliki 2 manfaat sekaligus. Selain bermanfaat bagi narapidana untuk melaksanakan pembinaan kemandirian, juga bermanfaat bagi masyarakat yang datang berkunjung dan berbelanja hasil pertanian dan budidaya ikan narapidana. Masyarakat dapat mengitari atau beristrahat sejenak di gazebo untuk menikmati pemandangan taman yang dihiasi dengan tanaman, lukisan, dan kolam ikan sambil menunggu pesanan," tandasnya.

Diakhir penyampaiannya, Yusup menyampaikan bahwa selama ia masih memimpin Lapas Kelas IIB Kalabahi, ia tidak akan pernah lelah dan bosan membuat terobosan baru bersama seluruh jajaran untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik terhadap narapidana dan masyarakat pengguna layanan.

"Di era reformasi birokrasi saat ini, kita harus terus berbenah agar terwujudnya instansi pemerintah yang selalu mengutamakan pelayanan publik sesuai dengan yang disampaikan Kakanwil Kemenkumham NTT, Ibu Marciana D. Jone," pungkas Yusup. (Humas_AN)








 

0 komentar:

Posting Komentar