Selasa, 30 Mei 2023

MENINGKATKAN MENTAL DAN DISIPLIN : WARGA BINAAN LAPAS KALABAHI SEMANGAT BERLATIH PRAMUKA

Kalabahi_(30/05/23) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi terus berupaya meningkatkan mental dan disiplin serta pembinaan kepada warga binaan melalui pelaksanaan latihan rutin Pramuka Gugus Depan (Gudep) 01.147-01.148 Lapas Kalabahi.

Pramuka Satuan Karya Bhayangkara Polres Alor, yang dipimpin oleh Pembina Kak Melkisedek Dur, bertanggung jawab dalam melaksanakan latihan rutin ini. Kegiatan kali ini difokuskan pada pelatihan dan pengenalan Semaphore, yang diawasi langsung oleh Ketua Harian Gudep Lapas Kalabahi, Kak Henok P. Mabilehi.


Semaphore merupakan metode penandaan atau kode yang biasanya menggunakan lampu atau bendera, di mana setiap gerakan dan formasi melambangkan kode, isyarat, atau angka. Dalam latihan ini, Semaphore dilakukan dengan menggunakan gerakan tangan. Alat-alat yang digunakan untuk memberikan sinyal ini sangat bervariasi, mulai dari bendera, batang pohon, hingga tangan kosong.

Dengan antusiasme dan semangat yang tinggi, seluruh warga binaan anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi ikut serta dalam pelatihan ini. Mereka merasa bahwa Semaphore merupakan hal baru dan unik yang perlu mereka pahami, termasuk cara, maksud, dan tujuannya.

Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, juga mengucapkan terima kasih kepada Pramuka Saka Bhayangkara Polres Alor serta Pengurus Gudep Lapas Kalabahi yang tak henti-hentinya melatih dan membina para warga binaan, sehingga mereka akan memiliki bekal ketika kembali ke masyarakat.


"Saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada Saka Bhayangkara Polres Alor dan Pengurus Gugus Depan Lapas Kalabahi yang dengan semangat terus melatih dan membina warga binaan tanpa kenal lelah. Program pramuka merupakan salah satu keunggulan Lapas Kalabahi yang akan terus kami tingkatkan," ujar Yusup.

Setelah kegiatan selesai, seluruh warga binaan anggota Pramuka Gudep Lapas Kalabahi bersama pembina dan petugas pengawas menyelenggarakan makan cemilan bersama sebagai ungkapan rasa syukur atas berlangsungnya latihan dengan baik pada hari ini. (Humas_MH)

0 komentar:

Posting Komentar