Kamis, 25 Mei 2023

PANTAU SARANA ASIMILASI DAN EDUKASI, KALAPAS YUSUP APRESIASI UPAYA WARGA BINAAN DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERTANI


Kalabahi_Kamis (25/05/23) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan melaksanakan pemantauan terhadap  Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) yang merupakan tempat pelaksanaan pembinaan kemandirian bagi warga binaan asimilasi di bidang pertanian.

Dalam pemantauan tersebut, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan secara langsung mengevaluasi progres pembinaan kemandirian yang sedang berlangsung di SAE dan melihat proses pemasangan mulsa platik oleh warga binaan sebagai persiapan untuk menanam sayur sawi.

Yusup juga memantau berbagai jenis tanaman holtikultura yang sedang dirawat oleh warga binaan. Berbagai tanaman holtikultura tersebut, yakni tanaman sayur yang terdiri kangkung, sawi, kol, tomat, patola, morba, terong, lombok dan timun; tanaman buah yang terdiri dari kelapa, pisang, pepaya california, dan semangka; tanaman hias/bunga yang terdiri dari bungan matahari dan berbagai jenis bunga lainnya; serta tanaman obat yang terdiri dari serai, kunyit, dan lengkuas.

Selama kunjungannya, Yusup memberikan apresiasi yang tinggi kepada warga binaan asimilasi atas semangat dan dedikasi yang mereka tunjukkan dalam mengelola lahan pertanian tersebut. Ia menyatakan, "Saya sangat mengapresiasi upaya keras warga binaan dalam mengembangkan keterampilan bertani di SAE. Mereka telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam mengasah keterampilan di bidang pertanian dan semangat berwirausaha."




Selain menjadi sarana pembinaan kemandirian, Yusup memiliki harapan besar bahwa SAE ini akan menjadi salah satu destinasi agrowisata perkebunan yang terkenal di Kabupaten Alor. Dengan demikian, pengunjung dari berbagai daerah dapat melihat langsung hasil kerja keras dan keterampilan yang dimiliki oleh warga binaan asimilasi.

Selain itu, tujuan dari pengembangan ini adalah untuk memberikan dukungan lebih luas terhadap program rehabilitasi dan reintegrasi sosial yang dilakukan oleh Lembaga Pemasyarakatan.

Dalam upayanya mencapai tujuan tersebut, Yusup berkomitmen untuk menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait, seperti Dinas Pariwisata Kabupaten Alor dan Pemerintah Kabupaten Alor. Kerjasama ini bertujuan untuk mempromosikan SAE sebagai tempat wisata edukatif yang menarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Diharapkan, melalui promosi yang tepat, SAE dapat menjadi daya tarik baru yang dapat memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat sekitar, warga binaan asimilasi, serta dapat meningkatkan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Lapas Kelas IIB Kalabahi.





Dengan adanya perhatian dan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan Sarana Asimilasi dan Edukasi Lapas Kelas IIB Kalabahi dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang signifikan bagi pembinaan kemandirian warga binaan asimilasi, serta ikut mendorong kemajuan dibidang pariwisata. (Humas_AF)
 

0 komentar:

Posting Komentar