Senin, 22 Mei 2023

WUJUDKAN PELAYANAN PRIMA, LAPAS KALABAHI GANDENG PUSKESMAS MEBUNG LAKSANAKAN PEMERIKSAAN KESEHATAN DAN PENGOBATAN GRATIS BAGI WARGA BINAAN


Kalabahi_Senin (22/05/23) Dalam rangka mewujudkan pelayanan prima, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, gandeng Puskesmas Mebung melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis bagi seluruh warga binaan.

Yusup Gunawan, selaku Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi diruang kerjanya menyampaikan bahwa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan kali ini dibarengi dengan skrining HIV (Human Immunodeficiency Virus) terhadap seluruh warga binaan untuk memastikan mereka mengidap atau bebas dari HIV.

Yusup juga menerangkan bahwa kesehatan warga binaan merupakan point yang sangat penting menjadi perhatian pihaknya untuk ditingkatkan.

"Kami berharap dengan adanya pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang dilakukan secara rutinitas oleh Puskesmas Mebung setiap bulan dapat dengan mudah memantau dan mengetahui perkembangan kesehatan warga binaan. Kalau ada warga binaan yang sakit, dapat dengan segera kami pihak Lapas ambil tindakan yang tepat" tutur Yusup.



Sementara itu, dokter Desima, selaku dokter penanggungjawab kegiatan menyampaikan bahwa rata-rata sakit yang dialami warga binaan itu, yakni sakit maag, demam, batuk dan pilek, serta gatal-gatal.

"Demam dan batuk pilek yang dialami warga binaan itu diakibatkan oleh cuaca yang akhir-akhir ini dingin sekali akibat memasuki masa peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau. Jadi, saya sudah sarankan untuk lebih banyak istirahat juga stop rokok, stop makan makanan yang terlalu berminyak atau gorengan juga stop makan makanan yang pedis-pedis. Dengan bgitu, mereka akan cepat pulih. Kami sudah berikan obat juga untuk mereka konsumsi. Nanti akan cepat sembuh juga," ucap dokter Desima.

Lebih lanjut, dokter Desima menjelaskan bahwa seluruh warga binaan Lapas Kelas IIB Kalabahi bebas atau tidak mengidap HIV yang dibuktikan dengan hasil skrining HIVnya, negatif.

Diakhir penyampaiannya, dokter Desima juga mengharapkan agar seluruh pegawai dapat mengedukasi warga binaan untuk selalu melaksanakan pola hidup sehat dalam Lapas. Ia juga mengimbau agar seluruh warga binaan selalu menjaga kebersihan diri dan kamar, sehingga mereka tidak mengalami gatal-gatal pada tubuh yang disebabkan oleh jamur. (Humas_AN)

 

0 komentar:

Posting Komentar