Jumat, 26 Mei 2023

PIMPIN SWEEPING DI LAPAS KALABAHI, KADIVPAS MALIKI : PRIORITASKAN TINDAKAN HUMANIS DAN PERSUASIF DENGAN WARGA BINAAN


Kalabahi_Jumat (26/05/23) Dalam rangka mencegah gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur, Maliki, bersama Kepala Sub Bidang Bimbingan dan Pengentasan Anak, Daud Hela Laga dan Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) melakukan sweeping atau penggeledahan di Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Sebelum sweeping, dilaksanakan apel bersama yang dipimpin langsung oleh Kadivpas NTT, Maliki, dan didampingi oleh Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, serta diikuti oleh seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi.

Dalam amanatnya, Kadivpas NTT, Maliki menyampaikan bahwa pelaksanaan sweeping di Lapas Kelas IIB Kalabahi harus memprioritas pendekatan humanis dan persuasif dengan warga binaan.

"Malam ini kita melaksanakan sweeping pada blok dan kamar hunian warga binaan. Harap saudara-saudara dapat memprioritaskan pendekatan yang humanis dan persuasif dengan anak-anak kita warga binaan. Berlakulah secara sopan dan santun dengan bangun komunikasi yang baik dan jangan arogan," ujar Maliki saat menyampaikan amanat kepada seluruh peserta apel yang akan melakukan sweeping.




Maliki juga berharap agar mereka dapat melakukan sweeping secara cermat dan teliti sampai ke bagian yang tersembunyi atau sudut-sudut kamar hunian tanpa terlewati.

"Sweeping ini akan dilakukan terhadap badan dan barang anak-anak kita warga binaan yang ada di kamar hunian. Selesai melaksanakannya, kembalikan barang-barang mereka yang telah digeledah ke tempat semula, agar tidak ada tindakan kita yang menyakiti hati mereka," tegasnya.

Maliki menerangkan bahwa sebagai pembina warga binaan harus menunjukkan tindakan yang harmonis karena menurutnya, Petugas Pemasyarakatan harus menunjukkan sikap melayani dan merawat yang dapat menyenangkan hati warga binaan.

Lebih lanjut, Maliki melakukan pembagian tugas dalam pelaksanaan sweeping dan memberikan waktu selama satu jam kepada para Petugas untuk melaksanakannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sweeping oleh petugas pada masing-masing kamar hunian dalam blok anggrek, blok bugenvil, blok cempaka/wanita, dan blok dahlia/anak. Setelah itu, petugas yang melakukan sweeping kembali berkumpul dan menyampaikan hasil sweeping.

Kadivpas NTT, Maliki menyampaikan terimakasih dan apresiasi terhadap seluruh petugas yang melakukan sweeping terlebih kepada Pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi yang menurutnya, telah menunjukkan kekompakan dalam mengikuti kegiatan sweeping.





"Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi untuk seluruh petugas yang telah melaksanakan sweeping malam ini. Terlebih kepada seluruh pegawai Lapas Kalabahi yang sudah menunjukkan kekompakannya dalam mengikuti kegiatan sweeping. Pertahankan kekompakan ini dan jadikan hal tersebut untuk melaksanakan tugas secara harmonis di Lapas ini," tutur Maliki.

Selanjutnya, Maliki menyampaikan hasil sweeping di Lapas Kelas IIB Kalabahi. Ia mengatakan "sweeping sudah selesai dilaksanakan. Kita tidak menemukan barang-barang terlarang seperti handphone dan narkoba. Barang-barang yang temukan hanya silet, potongan kayu, batu, gunting, dan paku. Barang-barang ini segera dimusnahkan sebagaimana mestinya."

Dalam kesempatan ini juga, Maliki memberikan apresiasi kepada Kalapas Kalabahi, Yusup Ginawan dan meyakini bahwa selama Lapas Kelas IIB Kalabahi berada di bawah kepemimpinan Kalapas Yusup, pasti ke depan akan menjadi lebih baik lagi.

Maliki juga berpesan agar seluruh pegawai Lapas Kelas IIB Kalabahi tetap menjaga integritas agar marwah dari Pemasyarakatan dan marwah dari kantor Lapas Kelas IIB Kalabahi tetap terjaga wibawanya. Ia pun berharap agar seluruh jajaran Lapas Kelas IIB Kalabahi tidak mengotori dan mencoreng nama baik Pemasyarakatan.





Diakhir kegiatan, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan menyampaikan terimakasih kepada Kadivpas NTT bersama tim yang sudah melaksanakan kegiatan di Lapas Kelas IIB Kalabahi sebagai wujud perhatian Kadivpas dan seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham NTT terlebih Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone untuk menjadikan Lapas Kelas IIB Kalabahi menjadi lebih baik dalam tatanan Pemasyarakatan.

"Kegiatan ini mensupport kami untuk bekerja dengan sebaik-baiknya dalam menjaga marwah Pemasyarakatan terlebih Kementerian Hukum dan HAM. Tentunya, segala ketentuan yang ada dalam prosedur tetap Pemasyarakatan, akan kami laksanakan dengan penuh tanggung jawab untuk Pemasyarakatan yang PASTI dan Berakhlak," pungkas Yusup. (Humas_AN)
 

0 komentar:

Posting Komentar