Selasa, 30 Januari 2024

Cegah DBD, Lapas Kalabahi Gandeng Dinkes Kabupaten Alor Gelar Kegiatan Fogging



 
Kalabahi, INFO_PAS - Sebagai upaya untuk mencegah terjadinya penularan penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di kalangan warga binaan dan pegawai, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Alor menggelar kegiatan fogging, Selasa (30/01).

Fogging merupakan tindakan pengasapan dengan bahan pestisida yang bertujuan untuk membunuh nyamuk dewasa secara luas terutama untuk pengendalian vektor utama penyakit DBD, yakni nyamuk Aedes aegypti.

Dalam kesempatan ini, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa kegiatan fogging ini dilaksanakan untuk mencegah terjadinya penularan penyakit DBD yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegypti.

"Fogging akan mampu membunuh nyamuk Aedes aegypti yang bersarang pada titik-titik tertentu dalam Lapas, sehingga akan mencegah terjadinya penularan penyakit DBD terhadap warga binaan maupun pegawai," ujar Yusup.

Yusup juga mengatakan bahwa titik-titik dalam Lapas yang menjadi sasaran fogging, yakni blok dan kamar-kamar hunian, ruangan kunjungan, pos menara, ruangan perkantoran, ruangan bimker, serta rumah-rumah ibadah.

Selanjutnya, Yusup, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Alor beserta jajaran yang telah bersedia mendatangkan petugas untuk melakukan fogging di Lapas Kalabahi.





Sementara itu, Semuel Pehi, selaku Pelaksana Harian (Plh) Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Alor, yang turut hadir mengawasi pelaksanaan kegiatan fogging di Lapas Kalabahi, menyampaikan bahwa Lapas merupakan lingkungan tertutup dan padat hunian, sehingga perlu dilakukan fogging agar bebas dari pengaruh nyamuk Aedes aegypti di musim hujan saat ini.

Samuel berharap agar selain dilakukan fogging, untuk menghindari terjadinya perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, warga binaan perlu memperhatikan kebersihan lingkungan, baik di dalam blok dan kamar-kamar hunian maupun di lingkungan sekitar yang berada di dalam Lapas.

"Bagi para petugas Lapas, kami harap dapat mengarahkan warga binaan untuk memperhatikan kebersihan blok dan kamar-kamar hunian serta sarana dan prasarana dan lingkungan sekitar di dalam Lapas, sehingga dengan demikian dapat memberantas sarang perindukan nyamuk Aedes aegypti,"  imbau Semuel.

Di sisi lain, kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Marciana berharap agar kegiatan fogging yang dilakukan Lapas Kalabahi dapat dicontohi oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan lainnya yang berada di lingkungan Kanwil Kemenkumham NTT. (Humas_AN)


0 komentar:

Posting Komentar