Rabu, 24 Januari 2024

Ciptakan Lingkungan Kantor yang Bersih dan Asri, Lapas Kalabahi Gelar Kegiatan Pembersihan Lingkungan

 


Kalabahi, INFO_PAS -  Dalam upaya menciptakan lingkungan kantor yang bersih dan asri, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi di bawah kepemimpinan Yusup Gunawan, menggelar kegiatan pembersihan lingkungan, Rabu (24/01).

Kegiatan ini melibatkan seluruh jajaran Lapas Kalabahi dan beberapa warga binaan asimilasi. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menindaklanjuti atensi Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, yang dalam setiap arahan selalu mengingatkan seluruh Unit PelaksanaTeknis (UPT) Pemasyarakatan maupun Imigrasi untuk selalu memperhatikan kebersihan lingkungan kantor agar berada dalam kondisi bersih dan asri.

Dalam kesempatan ini, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Putu Perdana, menyampaikan bahwa kegiatan pembersihan lingkungan kantor merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan tugas dan fungsi sehari-hari di Lapas Kalabahi.

Ia menegaskan bahwa apabila lingkungan kantor berada dalam kondisi bersih dan asri, maka seluruh pegawai akan merasa nyaman dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap hari. Begitu pula hal tersebut dapat dirasakan para warga binaan, karena mereka akan dapat menikmati suasana yang kondusif selama menjalani pidana di Lapas Kalabahi.

 



"Dalam kondisi saat ini yang sering hujan dan membuat lingkungan kantor ditumbuhi oleh rumput-rumput liar, maka perlu kesadaran dan kepedulian kita seluruh pegawai maupun para warga binaan yang sedang menjalani asimilasi untuk membersihkannya, sehingga kantor yang menjadi rumah kedua kita tetap bersih, asri, dan tidak kumuh," ujar Putu.

Putu juga menerangkan bahwa kegiatan seperti ini tidak hanya dilaksanakan di sekitar lingkungan luar kantor, tetapi dilaksanakan juga di dalam lingkungan kantor, karena menurutnya, hal demikian tidak hanya dilakukan untuk menjaga kebersihan lingkungan kantor, tetapi juga untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit di musim hujan saat ini.

"Lingkungan kantor yang kumuh akan mendukung terjadinya perkembangbiakan bibit penyakit. Selain itu, dengan kondisi hujan saat ini, akan mendukung perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti, yang merupakan vektor utama penyakit Demam Berdarah Dengue atau DBD, sehingga sudah menjadi kewajiban kita untuk memberantas sarang-sarang nyamuk maupun bibit penyakit lainnya, dengan membersihkan lingkungan sekitar kantor," jelasnya.

Di sisi lain, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kalabahi, Saverinus A. Rengi, yang saat itu secara langsung melakukan pengawasan terhadap warga binaan yang bekerja, menambahkan bahwa kegiatan pembersihan lingkungan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan sampai lingkungan kantor benar-benar tampak bersih dari kotoran dan juga rumput-rumput liar yang mulai meninggi.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menjadi contoh dan teladan bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Alor dan pemerintah setempat serta masyarakat agar dapat menjaga kebersihan lingkungan kantor maupun rumah masing-masing, sehingga selalu tampak bersih dan asri serta terhindar dari berbagai penyakit penyerta di musim hujan," pungkas Saver. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar