Rabu, 31 Januari 2024

Gelar Seleksi Tim Pembangunan ZI, Kalapas Kalabahi Optimis Raih WBK Tahun 2024

 


Kalabahi, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi menggelar kegiatan Seleksi Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2024, Rabu (31/01). Kegiatan ini berlangsung di Aula Lapas Kalabahi dan diikuti oleh seluruh Staf Pelaksana.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, selaku Pembina Seleksi Tim Kerja Pembangunan ZI serta para Pejabat Pengawas dan Pejabat Pelaksana.

Sebelum melakukan seleksi, kegiatan diawali dengan pembukaan dan pengarahan oleh Kalapas Kalabahi terhadap seluruh pegawai.

Dalam pengarahannya, Kalapas Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM saat ini terus canangkan oleh pemerintah untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel serta pelayanan publik yang prima.

Oleh karena itu, Yusup mengharapkan agar seluruh jajaran Lapas Kalabahi dapat memberikan pelayanan publik yang berkualitas kepada warga binaan, stakeholder, dan pengunjung, serta tidak sekali-kali melakukan tindakan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN) selama melaksanakan tugas sebagai Petugas Pemasyarakatan.



 "Tahun 2023 kemarin kita sudah raih penghargaan sebagai 3 terbaik nasional dalam lingkup Pemasyarakatan yang melaksanakan Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia atau P2HAM. Jadi, saya berharap tahun ini kita dapat lebih semangat lagi bekerja secara kompak untuk melakukan berbagai inovasi serta membenahi beberapa fasilitas pelayanan publik lainnya, sehingga kita dapat meraih predikat WBK," ujar Yusup.

Di samping itu, Yusup juga mengimbau agar Tim Kerja Pembangunan ZI yang lulus dalam seleksi kali ini dapat memberikan waktu dan tenaga yang lebih besar lagi untuk membawa Lapas Kalabahi bisa meraih predikat WBK di tahun ini. Sedangkan, kepada pegawai yang nantinya tidak lulus seleksi, ia minta untuk tetap terlibat membantu Tim Kerja Pembangunan ZI terpilih dengan memberikan dukungan yang tanpa batas.

"Keberhasilan dari suatu pekerjaan tidak akan diraih jika, pekerjaan tersebut hanya dilaksanakan oleh beberapa orang, sehingga saya mengimbau agar para pegawai yang nantinya tidak lulus seleksi tetap terlibat membantu Tim Kerja Pembangunan ZI terpilih dengan memberikan dukungan yang tanpa batas, seperti membantu dalam proses pemenuhan data dukung WBK yang diperlukan dari semua seksi dalam Lapas ini," jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Yusup menjelaskan terkait tugas masing-masing Tim Kerja yang tersebar dalam 6 Area Perubahan Pembangunan ZI. Ia juga minta agar Tim Kerja yang lulus dalam seleksi dapat langsung melaksanakan tugas mereka masing-masing serta tidak menunda-nunda pekerjaan sesuai dengan harapan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone.



 "Tetap semangat dan jangan kendor. Tahun ini kita harus bangkit bersama dan bekerja sama untuk mewujudkan Lapas Kalabahi yang berpredikat WBK. Saya sangat optimis kalau tahun ini kita bisa meraih predikat WBK," pungkas Yusup.

Usai pengarahan oleh Kalapas Kalabahi, kegiatan dilanjutkan dengan seleksi Tim Kerja Pembangunan ZI. Kegiatan seleksi dilakukan dengan cara menyebarkan link google form yang berisi kuesioner kepada seluruh pegawai untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tertutup dan terbuka yang terkait dengan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar