Selasa, 30 April 2024

Hadiri Sosialisasi Pembangunan ZI di Lingkungan Kemenkumham NTT: Kalapas Kalabahi Optimis Raih Predikat WBK dan WBBM

Kalabahi, INFO_PAS - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, bersama Tim Pembangunan Zona Integritas (ZI) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi mengikuti sosialisasi Pembangunan ZI di lingkungan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT) secara daring bertempat di aula Lapas Kalabahi, Senin (29/04).

 

Sosialisasi ini dilaksanakan guna meningkatkan pemahaman dan menyamakan persepsi terhadap pelaksanaan Reformasi Birokrasi yang Berdampak. Pemahaman tentang Zona Integrasi yang terdiri dari Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) didasarkan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2020 Tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020 - 2024.

 

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Divisi Administrasi (Kadivmin), Rakhmat Renaldy yang mewakili Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone. Dalam sambutannya, Rakhmat mengungkapkan bahwa terdapat 11 Satker (Satuan Kerja) dan 1 satker yang diusulkan memperoleh WBK dan WBBM.

 

"Sepuluh satuan kerja yang diusulkan untuk maju ke kontestasi WBK hasil penilaian tim verifikasi Kanwil Kemenkumham NTT diantaranya LPKA Kupang, Lapas Terbuka, Lapas Waikabubak, Lapas Ende, Lapas Kalabahi, Bapas Kupang, Rutan Larantuka, Lapas Baa, Rupbasan Kupang, Kanim Atambua dan Rudenim Kupang. Satu satuan kerja diusulkan untuk memperoleh WBBM yakni Lapas Kupang. Kanwil Kemenkumham NTT juga diusulkan untuk memperoleh WBK," papar Reynaldy.

 

Kegiatan dilanjutkan dengan penguatan oleh perwakilan dari Biro Perencanaan Kemenkumham RI, Andhika selaku Koordinator Sub Reformasi Birokrasi.

 

Yusup mengungkapkan bahwa Lapas Kalabahi akan bekerja secara maksimal dalam pemenuhan data dukung WBK dan WBBM pada triwulan ke-2 tahun 2024. “Saya akan mengawasi secara langsung jajaran Lapas Kalabahi dalam pemenuhan data dukung WBK dan WBBM pada triwulan ke 2, saya harap usaha ini akan membuahkan hasil yang baik bagi Lapas Kalabahi dan kita optimis untuk raih predikat WBK dan WBBM.”

 

Kegiatan ini juga menjadi atensi dari Kakanwil Kemenkumham NTT, Marciana D. Jone, dalam banyak kesempatan Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk terus memaksimalkan kinerja untuk dapat meraih predikat WBK dan WBBM. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar