Jumat, 23 Februari 2024

Kalapas Kalabahi Berikan Arahan Penting untuk Warga Binaan Asimilasi di dalam dan Luar Tembok Lapas


Kalabahi, INFO_PAS - Di halaman gereja Zoar, Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIB Kalabahi, Yusup Gunawan, memberikan arahan penting kepada warga binaan Asimilasi di dalam dan luar tembok Lapas, Jumat (23/02).

 

Kehadiran seluruh warga binaan Asimilasi di dalam dan luar tembok Lapas dalam apel tersebut menunjukkan pentingnya komunikasi langsung antara Kalapas dan mereka yang berada di bawah tanggung jawabnya.

 

Dalam arahannya kalapas menyampaikan agar melaksanakan asimilasi itu harus menjaga kepercayaan yang diberikan petugas, tetap menjaga nama baik Lapas Kalabahi, Tidak membuat masalah ketika bekerja di luar Lapas, berbaur secara dengan masyarakat luar, menaati pengawal, dan mentaati petugas selama melaksanakan asimilasi di dalam Lapas.

 

“Terkait dengan pelaksanaan asimilasi, prioritas utama adalah mempertahankan kepercayaan petugas, memelihara reputasi Lapas Kalabahi, dan menghindari konflik di luar penjara. Penting juga untuk berintegrasi secara positif dengan masyarakat sekitar, mematuhi peraturan pengawal, serta patuh pada petugas di dalam Lapas. Semua ini merupakan landasan penting untuk menciptakan lingkungan yang kondusif dan sukses dalam proses asimilasi,” ujar Yusup.

 

Tak hanya itu, Kalapas juga mengingatkan para warga binaan untuk menjaga sikap yang baik kepada seluruh pegawai, Ikuti seluruh aturan dan tata tertib yang ada. Melalui asimilasi warga binaan akan dinilai layak atau tidak untuk mendapatkan program integrasi seperti pembebasan bersyarat (PB) dan cuti bersyarat (CB).

 

“Saya juga mengingatkan kepada warga binaan untuk selalu menjaga sikap yang baik terhadap seluruh pegawai serta mematuhi setiap aturan dan tata tertib yang berlaku. Proses asimilasi menjadi penilaian utama dalam menentukan kelayakan warga binaan untuk mengikuti program integrasi, seperti PB dan CB."

 

Kegiatan ini juga menjadi perhatian Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone. Dalam banyak kesempatan, Marciana selalu mengingatkan seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) untuk menjaga kondusifitas di dalam Lapas.

 

Melalui arahan tersebut, Kalapas menegaskan komitmennya dalam menjaga kualitas kehidupan di dalam Lapas Kalabahi. Diharapkan bahwa seluruh warga binaan dapat memahami dan melaksanakan arahan tersebut demi menciptakan lingkungan yang lebih baik di dalam Lapas. (Humas_AF)

0 komentar:

Posting Komentar