Kamis, 29 Februari 2024

Sambut Bulan Puasa, Lapas Kalabahi Pasang Lampu Hias di Lingkungan SAE Warga Binaan



Kalabahi, INFO_PAS - Memasuki bulan suci Ramadan, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kalabahi turut merayakan dengan penuh semangat. Suasana kebersamaan terasa semakin hangat dengan pemasangan lampu hias yang memukau di sekitar lingkungan Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) warga binaan, Kamis (29/02).

Lampu-lampu berwarna-warni yang dipasang dengan rapi menghiasi area SAE, sehingga membentuk agrowisata mini yang tampak menarik dan elok dipandang mata, serta memberikan nuansa ceria dan meriah menyambut bulan puasa. Tidak hanya sebagai hiasan semata, pemasangan lampu ini juga menjadi simbol semangat dan kegembiraan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kalabahi, Yusup Gunawan, menyampaikan bahwa inisiatif pemasangan lampu hias ini bertujuan untuk menciptakan suasana yang mendukung bagi warga binaan Muslim dalam menjalankan ibadah Ramadan walaupun sedang melaksanakan program asimilasi di bidang pertanian.

"Kami berharap, dengan suasana yang penuh keceriaan ini, semangat beribadah para warga binaan Muslim semakin bertambah, dan mereka bisa merasakan kebersamaan dalam menjalani bulan Ramadan di Lapas," ujarnya.

Tidak hanya itu, kegiatan keagamaan juga semakin intens dilaksanakan di Lapas Kalabahi. Jumat keagamaan, ceramah, dan kegiatan-kegiatan lainnya turut diadakan untuk mempererat tali ukhuwah di antara warga binaan Muslim.

Yusup lanjut menjelaskan bahwa pemasangan lampu hias ini tidak hanya bertujuan untuk menyambut bulan puasa, melainkan juga sebagai langkah untuk mempercantik lingkungan sekitar SAE warga binaan.




Hal ini menjadi lebih penting, karena dalam beberapa hari ke depan, Kafe PIPAS akan diaktifkan di dalam SAE warga binaan ini. Kafe tersebut akan dikelola oleh Paguyuban Ibu-Ibu Pemasyarakatan (PIPAS) Lapas Kalabahi, sehingga memberikan manfaat yang lebih luas bagi Lapas Kalabahi dan masyarakat Kabupaten Alor.

Sementara itu, terkait dengan kondisi menyambut bulan puasa, para warga binaan Muslim sendiri sangat antusias menerima inisiatif yang dilakukan oleh pihak Lapas. "Kami merasa senang dan bersyukur atas perhatian yang diberikan kepada kami. Semoga bulan Ramadan ini membawa berkah bagi kita semua," ujar FR, salah seorang warga binaan Muslim.

Semangat kebersamaan dan rasa syukur tampak begitu kuat di Lapas Kalabahi, semakin menguatkan ikatan kekeluargaan di antara warga binaan Muslim. Dengan penuh semangat, mereka siap menjalani ibadah dan meraih keberkahan di bulan Ramadan yang mulia ini.

Selanjutnya, dari tempat yang berbeda, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Nusa Tenggara Timur (NTT), Marciana D. Jone, turut memberikan apresiasi terhadap inisiatif yang dilakukan oleh Kalapas Kalabahi dan jajaran.

Maciana berharap melalui nuansa tersebut, para warga binaan muslim yang ada di Lapas Kalabahi dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menyambut bulan ramadan yang akan dilaksanakan dalam bebehari ke depan, dan mampu menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran serta banyak melakukan kebaikan. (Humas_AN)

0 komentar:

Posting Komentar